Cara Terbaik Untuk Mental Healing

mental healing, cara healing terbaik


Jika selama ini kamu terlalu banyak bekerja, belajar dan memikirkan masalah lainnya, jangan sampai kamu burnout. Karena kalau sudah burnout, sudah pasti kondisi mental kamu akan terganggu. Yang suka dilupakan, jika kondisi mental mengalami gangguan, secara tidak sadar kondisi fisik pun ikut memburuk.

Untungnya sekarang ini masyarakat terutama kaum milenial sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental (mental awareness). Konten yang membahas kesehatan mental pun sudah semakin mudah diakses lewat berbagai media dan aplikasi. Kesadaran mental diikuti dengan semakin banyak juga yang sadar perlunya melakukan mental healing atau memulihkan kondisi mental.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan untuk memperbaiki kondisi mental, diantaranya:


Tidur

Sering dianggap sepele, sebenarnya mendapat porsi tidur yang cukup setiap harinya akan membuat kamu lebih tenang dalam berpikir dan menghadapi masalah. Karena kondisi tubuh yang kurang tidur akan membuat diri seseorang lebih gelisah.

Makan

Bukan asal mengkonsumsi, tetapi utamakan kandungan omega 3 ada di dalam menu makanan sehari-hari. Beberapa makanan yang mudah didapat dan mengandung banyak omega 3 diantaranya kacang-kacangan, buah beri, alpukat, ikan dan sayuran hijau (bayam, kale, sawi)

Bersosialisasi

Tidak harus hadir dalam kerumunan banyak orang, kamu dapat mengatur janji untuk bertemu dengan teman atau sahabat. Membicarakan topik-topik yang ringan akan membantu kamu untuk healing juga kok!

Meditasi

Tidak harus mengikuti kelas khusus, kamu dapat mengakses musik tenang yang dapat di akses di Spotify, Youtube ataupun Joox. Kemudian tempatkan diri kamu di tempat yang tenang sambil mendengarkan alunan musik tersebut. Jangan lupa untuk mengosongkan pikiran selama melakukan meditasi. Agar badan dan pikiran kamu bisa kembali segar.

Olahraga

Usahakan kamu selalu melakukan kegiatan fisik yang cukup setiap harinya. Olahraga ini bisa kamu gantikan dengan berjalan kaki, mengatur ulang isi kamar, berberes, memasak, atau lainnya. Karena dengan melakukan kegiatan fisik yang cukup membuat aliran oksigen di tubuh kamu jadi lebih lancar.

Deep breath

Tentunya kita tidak pernah lupa bernapas, tetapi mengatur napas dengan baik sebenarnya merupakan langkah tercepat untuk memulihkan keadaan mental yang sedang goyah. Kamu bisa melakukan latihan deep breath dengan mengikuti tutorial yang banyak terdapat di platform berbagi video seperti youtube.

Pemandangan alam

Kalau kamu memiliki cukup waktu dan dana, ada baiknya meluangkan waktu untuk bepergian ke tempat yang tenang dan memiliki pemandangan alam (pegunungan, sawah atau laut). Tetapi ada yang perlu dicatat, sebaiknya jangan melakukan banyak kegiatan yang menguras tenaga atau pikiran. Cukup duduk santai sambil memanjakan mata dan jiwa kamu dengan pemandangan indah yang terhampar di hadapan kamu.

Grounding

Istilah ini digunakan untuk sementara waktu tidak mengakses gadget apapun yang selama ini kamu pegang. Luangkan waktu untuk membaca, berjalan-jalan atau bersantai tanpa mengakses ponsel, laptop ataupun TV. Dengan begitu otak kamu mendapatkan waktu untuk istirahat sejenak, sehingga bisa lebih fresh saat kembali melanjutkan kegiatan.

Yang perlu diperhatikan dalam melakukan mental healing, tiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi tidak salah kalau cara terbaik bagi kamu, justru tidak berdampak sama di orang lain. Dengan rutin melakukan mental healing, niscaya jiwa kamu pun akan lebih stabil dan bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas-tugas rutin.

Post a Comment for "Cara Terbaik Untuk Mental Healing"