5 Hobi yang Terlihat Biasa, Tapi Bisa Menguras Isi Kantong

5 hobi menguras isi kantong


Menggeluti hobi memang bukan hal yang terlarang. Justru kita disarankan memiliki hobi yang ditekuni, karena dapat memberikan banyak manfaat bagi diri sendiri. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah melatih kesabaran, meningkatkan kesabaran, mendapatkan ketenangan, dan lain sebagainya. Selain itu, hobi yang kamu geluti juga bisa menambah penghasilan jika kamu jeli melihat peluang.

Selain banyak manfaat, bukannya mustahil kalau hobi yang kamu geluti justru menguras habis isi kantong kamu loh! Jadi sebaiknya, pelajari dulu seluk beluknya sebelum kamu memutuskan untuk menggeluti sebuah hobi. Jangan seperti beberapa hobi populer yang ada dalam daftar di bawah ini nih:


Fotografi

Spesifikasi kamera ponsel memang semakin mumpuni. Tetapi jika kamu memilih untuk menggeluti fotografi sebagai hobi yang serius, sekedar kamera ponsel saja sangat jauh dari cukup. Karena membutuhkan tambahan alat dan program pengeditan berbayar yang memadai untuk menghasilkan foto yang bagus.

Traveling

Sebenarnya menjalankan hobi traveling tidak melulu membutuhkan dana yang besar dan biaya yang mahal. Namun peralatan pendukung traveling rata-rata harganya cukup menguras kantong. Dari pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk traveling saja, bisa menghabiskan kocek hingga jutaan. Belum lagi jika ditotal dengan peralatan pendukung lainnya.

Menyelam

Terlihat menyenangkan ya, melihat foto dan video yang direkam di bawah air!? Asal tahu saja, pakaian khusus menyelam itu harganya berlipat-lipat dibanding pakaian renang biasa loh! Apalagi jika kamu ingin mengabadikan foto dan video dari dalam air, kamera khusus dan peralatannya tidak murah. Selain itu, berbagai peralatan tersebut harus mendapat perawatan khusus agar tidak cepat rusak.

Kolektor

Melihat orang yang mengoleksi banyak barang, kadang membuat kita heran bukan? Karena terkadang barang yang mereka koleksi sepertinya nampak sepele dan tidak berguna. Jangan salah, selama masuk ranah koleksi, barang yang dikumpulkan para kolektor ini bisa saja memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Belum lagi para kolektor ini harus bepergian ke berbagai tempat untuk menambah barang koleksi sesuai dengan yang mereka inginkan. Tempat untuk menyimpan barang koleksi pun harus disiapkan dengan baik, agar tidak merusak barang-barang yang sudah susah payah dikumpulkan.

Bermain Game

Kalau sekedar pemain gim kasual sih, sebenarnya tidak membutuhkan dana yang terlalu banyak. Lain cerita kalau kamu benar-benar menggeluti kegiatan bermain gim sebagai sebuah gim. Mulai dari perangkat keras seperti ponsel atau laptop dengan spesifikiasi tinggi, hingga dana lebih yang harus dihabiskan untuk membeli alat tambahan agar para gammer (sebutan untuk pemain gim) bisa bermain dengan lebih nyaman.


Kalau dirata-ratakan sih, seluruh hobi di atas membutuhkan dana diatas sepuluh juta rupiah agar hobi yang digeluti dapat dijalankan dengan nyaman. Bukannya mustahil kalau dana yang dihabiskan bisa menembus nominal ratusan juta. Jadi, kita sudah tidak dapat memandang remeh hobi-hobi tersebut kan?

Post a Comment for "5 Hobi yang Terlihat Biasa, Tapi Bisa Menguras Isi Kantong"