Periksa Beberapa Hal Ini Sebelum Kamu Memiliki Hewan Peliharaan

Tips memelihara hewan


Kebanyakan dari kita pasti menganggap memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan. Bahkan ada fakta yang menyatakan bahwa dengan memiliki hewan peliharaan bisa memberikan efek yang baik serta membuat kita lebih bahagia. Namun, tidak semua hal cocok dilakukan oleh orang lain. Oleh karena itu, sebelum benar-benar mengambil seekor hewan untuk kamu pelihara, coba perhatikan hal-hal berikut:


Biaya

Seluruh makhluk hidup perlu makan, termasuk hewan yang nantinya akan kamu pelihara. Coba kalkulasikan terlebih dahulu, berapa biaya awal dan biaya rutin yang nantinya harus kamu anggarkan. Karena bertambahnya penghuni tentu saja mewajibkan pengeluaran juga ikut bertambah. Mulai dari biaya adopsi, harga makanan, pengeluaran untuk perawatan rutin, hingga biaya kesehatan, coba kamu kalkulasikan dan pertimbangkan apakah penghasilan kamu cukup untuk membiayai itu semua.


Waktu

Dengan memelihara hewan, kamu perlu meluangkan waktu ekstra untuk merawat mereka. Mungkin terlihat sepele, tetapi jangan sampai kesibukan kamu yang super padat membuat peliharaan kamu tidak terawat, stres dan mengalami gangguan kesehatan. Karena kamu perlu waktu bukan hanya sekedar bermain dan berinteraksi dengan mereka. Tetapi juga perlu waktu untuk menyiapkan makanan, membersihkan kandang dan merawat hewan peliharaan.


Lingkungan

Ini salah satu faktor yang sering sekali terabaikan dan berakibat fatal. Kamu harus memperhatikan lingkungan tempat tinggal kamu, apakah situasi dan kulturnya mendukung untuk memiliki hewan peliharaan. Entah itu karena berisik, aroma dan bau yang timbul, alergi ataupun keadaan jenis hewan peliharaan lain yang sudah lebih dulu ada akan terganggu nantinya. Kalau perlu periksa lagi dengan seksama dan tanyakan pada tetangga sekitar, untuk memastikan bahwa memang nantinya tidak ada masalah yang timbul ketika kamu menambah “penghuni baru”.


Kesiapan Diri

Melihat orang yang sedang bermain dengan hewan peliharaan mereka memang sering membuat kita iri. Tetapi kita tidak tahu bahwa sebenarnya hewan dan pemiliknya bisa bahagia setelah melewati proses panjang. Karena sama halnya ketika kita memiliki teman sekamar yang baru, kita harus melakukan adaptasi akan berbagai perubahan yang nantinya akan timbul. Yang utama, membuat hewan peliharaan merasa nyaman pada kita itu bisa membutuhkan waktu yang lama. Sebelum merasa nyaman, bisa jadi mereka akan mengalami sakit, perubahan perilaku atau hingga gangguan emosi. Siapkah kamu menghadapi hal tersebut?


Dukungan

Kamu mungkin merasa bahwa dengan memiliki hewan peliharaan merupakan pilihan yang terbaik. Tetapi jangan lupakan bagaimana pendapat orang-orang di sekitar. Apakah mereka mendukung pilihan kamu ini? Karena sedikit banyak, persetujuan dan dukungan orang sekitar akan mempengaruhi keberlanjutan hubungan kalian. Belum lagi, suatu saat kamu bisa saja harus menitipkan hewan kesayanganmu karena hal terdesak. Jika tidak ada yang mendukung dan setuju, tentu kamu akan mengalami kesulitan untuk menitipkannya pada orang terdekat.


Post a Comment for "Periksa Beberapa Hal Ini Sebelum Kamu Memiliki Hewan Peliharaan"