Ingin Mulai Bercocok Tanam di Rumah? Jangan Lupa Perhatikan Hal Berikut!

tips bercocok tanam di rumah

Untuk kamu yang tinggal di kota-kota besar, pasti juga merasakan bahwa semakin lama udara terasa semakin panas. Ya jelas saja, karena di pusat kota, semakin banyak lahan kosong yang dialihfungsikan menjadi area perkantoran atau gedung bertingkat lainnya. 

Sebenarnya tidak ada yang salah dari kegiatan membangun gedung-gedung ini. Tetapi, seringnya berbagai pihak kurang memperhatikan ketersediaan lahan hijau di area yang mereka olah. Jadi, tidak aneh kalau semakin lama udara terasa semakin panas. Karena jumlah pepohonan yang membuat teduh dan menyerap karbon semakin berkurang.

Beruntunglah kamu yang masih tinggal di daerah yang masih banyak area hijau. Karena kualitas udara di sana sudah pasti lebih berkualitas. Nah, kalau kamu juga ingin merasakan hal yang sama dan membuat tempat tinggal kamu lebih hijau, silakan buat sendiri area hijaunya.

Sebenarnya, bercocok tanam di rumah mendatangkan banyak manfaat loh! Jadi tidak ada salahnya kamu memulai kegiatan ini sesegera mungkin. Asalkan, jangan lupa perhatikan hal-hal berikut:

Media tanam

cara bercocok tanam di rumah, media tanam

Ya, semua tanaman membutuhkan tanah. Tetapi tanah yang bagaimana? Jangan lupa untuk mencari tahu media tanam yang tepat untuk masing-masing tanaman yang kamu pilih.

Luas area tanam

cara bercocok tanam di rumah, luas area tanam



Biasanya kalau tumbuhan dengan akar serabut tidak membutuhkan area yang luas. Karena nantinya akar akan menjalar sesuai dengan luas pot yang kamu gunakan. Semakin kecil bentuk tanaman akan semakin kecil pula kebutuhannya, begitu pula sebaliknya.

Intensitas cahaya

cara bercocok tanam di rumah, intensitas cahaya


Begitu juga dengan intensitas cahaya, setiap tanaman tidak selamanya membutuhkan pencahayaan secara langsung. Ada pula jenis tumbuhan yang hanya membutuhkan sedikit saja intensitas cahaya.

Intensitas penyiraman

cara bercocok tanam di rumah, intensitas penyiraman

Sama halnya dengan kebutuhan cahaya, ada tanaman yang harus mendapat banyak air tetapi ada juga yang tidak. Biasanya tanaman yang sekeluarga dengan kaktus hanya perlu disemprotkan air sekali dalam beberapa hari. Selain itu ada juga yang harus disiram dua kali dalam sehari.

Pemupukan

cara bercocok tanam di rumah, pemupukkan



Bukan hanya tanaman yang berbuah saja loh yang membutuhkan pupuk secara rutin. Tanaman hias pun tetap membutuhkan pupuk. Dan biasanya, pupuk ini dapat kita buat dari sampah domestik yang ada di dalam rumah. Jadi, pastikan tanaman kamu nantinya mendapat tambahan unsur hara yang tepat dari pupuk yang kamu gunakan.

Potensi hama

cara bercocok tanam di rumah, potensi hama


Ada tanaman yang cepat mati jika terkena hama, ada pula yang memiliki ketahanan tinggi terhadap berbagai hama. Keberadaan hama juga sangat bergantung pada lingkungan tempat tanaman diletakkan. Jangan sampai kamu salah meletakkan pot sehingga membuat tanaman cepat mati karena hama ya!!

Bagaimana, terlihat rumit? Eits, tenang saja! Sebenarnya bercocok tanam tidak sulit dan rumit kok. Coba saja dulu, kamu pasti akan terbiasa. Sebaiknya memulai dari jenis tanaman yang mudah proses pemeliharaannya. Agar kamu bisa belajar memelihara tanaman secara rutin dahulu. Baru kemudian kamu menambahkan jenis lain secara perlahan. Setelah kamu memelihara banyak tanaman, tentunya tempat tinggal kamu akan terasa lebih sejuk dan asri.

Post a comment for "Ingin Mulai Bercocok Tanam di Rumah? Jangan Lupa Perhatikan Hal Berikut!"