Do It Yourself, Kegiatan yang Produktif

Do It Yourself, Kegiatan yang Produktif

Banyak sekali artikel yang membahas mengenai seluk beluk hobi. Mulai dari berbagai jenis hobi, penjelasan hobi, manfaat memiliki hobi, tren hobi yang sedang berkembang dan lain sebagainya. Dan ada satu hobi yang oleh penduduk di Dunia Barat (Benua Eropa dan Amerika) sudah banyak dilakukan dengan tekun sejak beberapa tahun lalu, yaitu hobi Do It Yourself.

Tidak dipungkiri, kemudahan mencari informasi di internet membuat kegiatan Do It Yourself menjadi semakin lebih mudah. Kini kita bisa dengan mudah mencari cara yang membimbing sejak awal hingga akhir dalam melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari mengecat ulang tembok, membuat furnitur, membuat kostum, berkebun, dan lain sebagainya.

Kini banyak orang yang ahli di bidangnya justru rela membagi berbagai cara dan trik secara gratis dan murah. Agar orang yang awam dan tidak ahli seperti kita dapat melakukan atau membuat sebuah barang dengan kualitas yang cukup baik. Meskipun tentu saja tidak sesempurna hasil yang dibuat oleh mereka yang sudah terampil dan ahli di bidangnya.

Untuk orang yang gemar belajar ilmu baru, do it yourself (DIY) kegiatan yang bisa kamu jadikan hobi baru yang produktif. Selain mempelajari ilmu baru, kamu pun sekaligus bisa menghasilkan barang baru dari alat dan bahan sederhana yang ada di sekitar dan mudah untuk didapat. Ada berbagai macam sumber tutorial yang bisa kamu jadikan acuan. Yang paling mudah mungkin kamu bisa membuka situs wikihow atau melakukan googling untuk mencari tutorial DIY untuk membuat sesuatu.

Di media sosial sendiri, sudah banyak sekali tutorial DIY berbagai hal yang bertebaran. Bahkan sudah banyak akun yang khusus memberikan tutorial DIY di Instagram, Pinterest, Facebook maupun Youtube. Cukup memasukan kata kunci DIY atau do it yours, makan akan ada banyak sekali sumber yang kamu dapatkan. Selanjutnya kamu tinggal memilih ingin memulai melakukan kegiatan DIY di bidang apa. Karena hampir semua barang dapat dilakukan secara DIY. mulai dari mendekor tanaman, akuarium atau membuat barang seperti pagar, pintu, jendela dan sebagainya.

Tidak usah heran kalau kamu jadi terhanyut menyimak berbagai tutorial DIY yang kamu temukan di internet. Karena sekali lagi, para ahli ini mengajarkan kita cara yang lebih mudah ditiru dalam menghasilkan suatu barang. Tetapi perlu diingat ya, walau nampak mudah, tetap saja sebenarnya belum tentu semudah yang kita lihat atau kita baca. Jadi mulailah dengan meniru tutorial DIY yang menggunakan bahan serta peralatan sederhana.

Setelah kamu mulai mahir menghasilkan berbagai barang, baru kamu dapat meningkatkan pilihan untuk  mengikuti tutorial DIY yang lebih sulit. Tidak salah kalau nantinya kegiatan DIY ini kamu jadikan sebagai hobi. Karena justru kegiatan ini bisa membuat kita mengisi waktu luang yang ada dengan lebih produktif. Karena keterampilan kita dalam mencipta dan membuat berbagai barang menjadi terasah.

Post a Comment for "Do It Yourself, Kegiatan yang Produktif"