Bagaimana Cara Meyakinkan Seseorang Untuk Bertemu Psikolog?

Cara Meyakinkan Seseorang Untuk Bertemu Psikolog?


Tahun yang berat untuk dijalani bagi kebanyakan orang ini memang bukanlah hal yang cukup menyenangkan. Karena ada banyak sekali ketidakstabilan yang muncul, baik disadari atau tidak. Salah satu akibat buruk yang belum disadari oleh banyak orang, terutama masyarakat di Indonesia adalah, kondisi mental yang terguncang.

Meskipun sebenarnya sudah banyak gerakan kampanye yang dibuat oleh berbagai organisasi dan komunitas dan yayasan nirlaba, tetap saja meyakinkan seseorang untuk bertemu psikolog merupakan hal yang tidak mudah.

Apalagi jika orang yang mengalami gangguan mental atau mental illness merupakan orang terdekat kita. Untuk meyakinkan bahwa ada yang “sedang tidak beres” terhadap kondisi mereka pun sudah cukup sulit. Ditambah harus meyakinkan mereka untuk bertemu psikolog. Ini memang bukanlah perkara yang mudah.

Oleh karena itulah, kali ini kami menghimpun berbagai saran yang diberikan oleh para ahli mengenai hal ini. Bagaimana cara meyakinkan seseorang untuk bertemu psikolog, berikut beberapa tip yang dapat kamu lakukan:

Pendekatan yang Hangat

Orang yang sedang mengalami mental illness biasanya pun sedang dalam situasi dan perasaan yang buruk. Jadi kamu harus melakukan pendekatan yang hangat, intens dan intim. Agar mereka bisa menerima saran darimu, berikan perhatian dan bangunlah hubungan komunikasi yang baik.

Jangan Menyalahkan

Sekalipun, jangan sampai kamu membuat seolah-olah harus ada pihak yang disalahkan atas situasi yang terjadi pada diri mereka yang sedang mengalami gangguan mental dan psikologi.

Berikan Alasan yang Tepat

Beritahu mereka bahwa kamu memiliki alasan yang tepat, mengapa berkonsultasi ke seorang psikolog merupakan hal yang harus dilakukan. Kamu bisa mengatakan dampak yang sedang terjadi saat ini dan harapan bahwa kondisi sekarang dapat masih dapat diperbaiki.

Temani Mereka Hadapi Rasa Takut

Pasti ada rasa takut yang akan berkecamuk ketika menyadari bahwa mereka harus menemui seorang terapis. Oleh karena itu, yakinkan bahwa berbagai rasa takut yang bermunculan justru bukanlah menjadi hal yang menakutkan. Yakinkan pula bahwa dengan menemui orang yang ahli di bidangnya, membantu mereka lebih cepat kembali ke keadaan yang lebih baik.

Bagikan Pengalaman

Ceritakan pada mereka bagaimana pengalaman yang kamu atau orang lain alami setelah mereka mulai berkonsultasi ke psikolog. Terutama, sampaikan bahwa seorang psikolog merupakan tenaga profesional yang tidak akan memberikan penghakiman apapun saat kita berkonsultasi dan bercerita apapun.

Berikan Rekomendasi

Bantu mereka mencari rekomendasi terapis yang sekiranya sesuai. Tenang, sekarang sudah ada berbagai aplikasi yang dapat diakses secara online yang memberikan layanan konsultasi ataupun memberikan informasi psikologi yang kamu perlukan.

Dampingi Mereka

Pastikan bahwa kamu selalu memberikan pendampingan bagi mereka selama menjalani proses konsultasi. Agar mereka tahu bahwa kamu benar-benar peduli dan kamu bisa membantu mereka mendapatkan informasi dan penjelasan yang diperlukan.

Ada banyak sekali stereotip negatif yang membuat masyarakat enggan untuk membahas kondisi mental, apalagi sampai harus mengunjungi seorang terapis. Itulah mengapa ada banyak cara yang harus kamu lakukan demi meyakinkan seseorang untuk bertemu psikolog. Segala usaha memang harus dilakukan, tetapi pastikan bahwa kamu tidak melakukan paksaan. Karena ini dapat membuat keadaan semakin sulit bagi mereka.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Meyakinkan Seseorang Untuk Bertemu Psikolog?"