Tourette Syndrom, Gangguan yang dialami Billie Ellish dan Dialami oleh Tiktokers

Tourette Syndrom, Gangguan yang dialami Billie Ellish


Belakangan kita dikejutkan oleh berita heboh mengenai orang yang mengalami gangguan karena terlalu sering menggunakan aplikasi berbagi video singkat populer bernama TikTok. 
Pada video yang telah beredar luas di dunia maya, pria yang mengaku bernama Kaesar ini terus mengulang gerakan-gerakan yang populer dilakukan oleh pengguna aplikasi berbagi video ini. 
Bahkan dikatakan pula bahwa dia harus berobat ke dokter dan menjalani proses pengobatan dengan meminum obat dua kali sehari dan melakukan meditasi. Entah harus merasa sedih dengan kehebohan ini, atau cukup merasa terhibur saja. 

Karena sebenarnya berita heboh yang beredar ini justru berawal dari konten video sarkas yang disebarkan oleh pemilik akun Instagram @kesarsnt. Jadi, tentu saja apa yang dikatakan oleh pria bernama Kaesar pada video tersebut tidak sepenuhnya benar. Konten video yang memang cukup berkualitas ini membuat banyak orang mudah percaya dan tidak menyadari bahwa itu merupakan konten sarkas. 

Ya, sepertinya si pemilik akun @kesarsnt sedang menyindir kegemaran banyak orang yang sedang banyak menghabiskan waktu dengan berjoged-joged ria kala menjadi Tiktokers. Tetapi konten sindirannya itu banyak mendapat reaksi berbeda dan sebagian mengira bahwa sindrom TikTok/Tiktokers tersebut benar-benar terjadi. Terlepas dari niat sarkas dari si pemilik video, sebenarnya kita pun menjadi diingatkan untuk jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan aplikasi walaupun dengan tujuan hiburan. Dan sebenarnya, bisa saja kita mengalami gangguan karena terlalu sering mengulang-ngulang gerakan atau kata yang sama demi mengikuti demam eksistensi di media sosial. 

Di dunia kesehatan ada sindrom tourette, dimana si penderita mengalami gangguan sehingga terus mengulang-ngulang gerakan atau suara. Dan kondisi pengulangan tersebut sudah sulit dikontrol oleh sang penderita sindrom. Jangan salah, bahkan penyanyi pop terkenal seperti Billie Ellish pun mengidap gangguan sindrom tourette ini. 

Jadi, walaupun konten video yang tengah viral ini merupakan konten sarkas, kita harus ingat untuk dapat membatasi diri jangan sampai terkena gangguan psikologi karena hiburan semata. Menurut penelitian yang telah dilakukan para ahli hingga saat ini, belum ada penyebab pasti yang membuat orang mengalami sindrom tourette. Lebih lanjut, sindrom tourette merupakan kondisi neurologis atau psikiatris yang harus didiagnosa terlebih dahulu oleh dokter ahli melalui berbagai rangkaian tes. Jadi jangan asal menggunakan kata sindrom tourette ya! Sama halnya penggunaan kata autis dan down syndrom yang sempat meluas penyalahgunaan katanya. 

Hmm, ternyata ada sisi positif dari beredar luasnya konten video yang membuat banyak orang terlanjur salah paham. Sisi positifnya adalah, sebaiknya kita cari tahu lebih dahulu ketika menikmati sebuah konten apakah mengandung rekayasa atau tidak. Dan hal positif lainnya, kita jadi lebih mengenal mengenai sindrom tourette yang memiliki gejala mirip dengan si pelaku dalam video viral tersebut.

Post a comment for "Tourette Syndrom, Gangguan yang dialami Billie Ellish dan Dialami oleh Tiktokers"