Tempat ini Wajib Kamu Singgahi Sebelum Menuju Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh


Kurang lebih sejak 5 tahun lalu, sebuah lokasi yang tadinya cukup terisolir bernama Ciletuh, justru menarik jutaan wisatawan untuk mengunjunginya. Ya, tempat ini tadinya terisolir dan akses jalan untuk sampai ke lokasi sangat sulit. Kita harus menyiapkan kendaraan bermotor yang tangguh dan dalam keadaan prima, agar tidak menghadapi kendala berarti selama perjalanan.

Pemerintah yang semakin peka dengan potensi ekonomi dan pariwisata dari Geopark Ciletuh pun akhirnya melakukan pembangunan infrastruktur besar-besaran. Sehingga akses jalannya kini sudah jauh lebih baik. Selain itu, jalur menuju  Geopark Ciletuh pun sudah semakin dipersingkat dengan keberadaan jalan tol dan jalur menyusuri perbukitan.

Jika kamu memiliki waktu lebih, sebaiknya jangan hanya singgah di tempat tujuan utama yakni Geopark CIletuh, karena sebenarnya dalam perjalanan menuju ke sana, ada beberapa tempat menarik yang wajib disinggahi juga.  Kali ini, kita akan membahas salah satunya yakni sebuah vihara yang terletak tepat di bibir pantai.

Jika kamu sedang menuju Geopark dari Jakarta dan melewati jalur tol serta Pantai Pelabuhan Ratu, kamu kemungkinan besar akan melewati sebuah kompleks vihara yang cukup megah dan dibangun meluas ke arah atas bukit. Nama tempat ibadah ini adalah Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa.

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa

Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa, geopark ciletuh


Kalau kamu kesulitan menyebutnya, tenang saja. Karena vihara ini memiliki nama lain yakni, Vihara Dewi Kwan Im atau Vihara Loji. Dinamakan Vihara Loji karena memang bangunan ini berada di area Loji dan memang dekat lokasinya dengan Pantai Loji yang menjadi tempat favorit para wisatawan mancanegara untuk melakukan surfing dengan papan selancar.

Jika kamu sebelumnya sudah sering bepergian ke luar negeri, termasuk negara Thailand, ketika melihat gapura kompleks vihara kamu akan dapat dengan mudah menebak bahwa tempat ini kental akan nuansa Thailand. Di tangga sekaligus gapura pintu masuk terdapat patung naga dengan 7 kepala berwarna emas dan gaya ukiran khas Thailand.

Mengapa kok vihara ini dibangun dengan gaya Thailand, padahal berlokasi di Indonesia dan berada di tengah provinsi Jawa Barat? Ya karena memang pendirinya merupakan orang Thailand yang bernama Anotahi Kamonwathin dan biasa dipanggil Mama Airin. Berawal dari sebuah mimpi yang muncul ketika sedang tertidur, beliau bertekad untuk mewujudkan mimpinya tersebut menjadi sebuah vihara di dunia nyata.

Yang menarik dari vihara ini adalah kita dapat menemukan berbagai ciri agama dan kebudayaan lain  di berbagai sudut. Benar-benar sebuah tempat ibadah yang mengundang decak kagum. Mulai dari Altar dengan ornamen patung Nyi Roro Kidul, Patung Bunda Maria dari agama Katolik, foto ulamadari agama Islam.

Dari segi pemandangan, kamu akan terkejut ketika menemui sebuah lokasi yang membuat membuat kamu seolah-olah berdiri di depan samudra. Tempat ini dapat kamu temui di dekat Altar Nyi Roro Kidul.

Karena Vihara ini merupakan tempat ibadah, ketika kamu mengunjungi tempat ini jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang layak dan menjaga ketenangan. Jangan sampai kita membuat penghuni lain menjadi tidak nyaman dan terganggu ibadahnya ya!

Post a comment for "Tempat ini Wajib Kamu Singgahi Sebelum Menuju Geopark Ciletuh"