Sedang Memulai Karir Sebagai Influencer? Perhatikan Hal Berikut!

cara menjadi influencer

Ketika sedang memulai karir sebagai influencer, apa saja sih yang perlu dilakukan?

Seiring makin banyaknya masyarakat yang melek teknologi, semakin banyak profesi baru yang muncul dan menjanjikan penghasilan yang lumayan. Salah satu profesi baru yang sedang disorot banyak orang adalah profesi influencer. Dan sosok influencer yang sudah berhasil bukan hanya mendulang rupiah tetapi juga popularitas.

Tidak jarang nama para influencer menjadi lebih sering dibahas oleh para netizen, ketimbang para artis terkenal yang sering wara-wiri di televisi. Maka tak heran jadi ada istilah selebgram, titel yang diberikan bagi orang yang terkenal di media sosial khususnya instagram karena sudah memiliki banyak pengikut di akun yang dikelolanya.

Walau influencer dan selebgram semakin hari semakin banyak, jangan khawatir. Peluang kamu untuk menjadi seorang influencer terkenal masih terbuka lebar kok! Asalkan, kamu tekun dan memperhatikan beberapa hal berikut:

Kenali potensi diri
Ketika kamu memutuskan ingin menjadi seorang influencer, sebaiknya kaitkan akun media sosial yang ingin kamu ekspos dengan potensi yang kamu miliki. Agar pengembangan ide pembuatan konten tidak cepat buntu.

Negative or Positive Influencer?
Yup, kamu ingin menjadi seorang influencer yang dikenal karena hal buruk atau hal baik? Keduanya jelas saja memiliki potensi dan resiko masing-masing. Konten negatif memang bisa lebih cepat dikenal orang, tetapi tentu akan memiliki resiko keamanan dan dibenci oleh banyak orang. Begitu juga influencer hal positif, walau menghasilkan konten bermanfaat tetap saja ada yang membenci. Belum lagi konten yang positif biasanya lebih lambat pertumbuhannya dibandingkan konten negatif.

Ciri khas
Hal ini biasanya menjadi hal yang sulit ditentukan oleh influencer pemula. Karena menentukan ciri khas memang bukan perkara yang mudah. Sederhananya, kaitkan identitas dan pemilihan jenis konten yang sudah kamu tentukan. Sehingga nanti kamu lebih mudah membuat ciri khas yang melekat. Tenang saja, ciri khas yang kamu tentukan ini dapat kamu hilangkan atau dimodifikasi kok!

Menentukan konsep pembuatan konten
Diawal, kita biasanya masih memiliki banyak ide dan tinggal mengeksekusinya saja. Tetapi setiap pembuatan konten pastinya diperlukan konsep tanpa ada konsep maka konten yang dihasilkan akan mengambang begitu saja alias gajelas, yang mau dibahas apa? dan nanti cuma bisa clickbait isinya astaga ternyata tidak sesuai dengan judul. Nah untuk konsep coba kalian pilih dulu satu niche atau tema yang akan kalian buat, kalau masih bingung coba deh liat referensi influencer lain untuk menentukan konten kalian.

Jangan anggap influencer lain sebagai kompetitor
Ingat, influencer sudah menjadi profesi jadi junjunglah profesionalitas. Rekan sesama influencer harus kita anggap sebagai rekan seprofesi, bukan sebagai saingan atau bahkan rival.

Rajin membagikan konten kamu ke orang-orang terdekat
Merintis karir influencer sejak awal tentu harus membuat kita terus berusaha agar akun dan konten yang dibuat semakin dikenal banyak orang. Hal ini dapat dimulai dengan membagikan tautan ke teman-teman kamu dan mintalah umpan balik dari mereka. Siapa tau ada saran atau ide yang menarik untuk dikulik.

Terbuka untuk kolaborasi
Para influencer yang sudah terkenal masih banyak kok yang tetap rendah hati dan dengan senang hati membagikan ilmu mereka kepada para pendatang baru. Jadi kamu jangan ragu untuk mengajak mereka berkolaborasi, dengan cara yang sopan tentunya!


Gimana masih tertarik menjadi influencer? atau masih mikir-mikir nih? jangan kebanyakan mikir guys, lakukan apa yang harus kalian lakukan. Kuncinya yaitu tetap tekuni apa yang sudah kalian mulai dan siap bertanggung jawab atas apa yang kalian lakukan, seperti peribahasa yang sering kalian dengar 

Berani berbuat berani bertanggung jawab.

Post a comment for "Sedang Memulai Karir Sebagai Influencer? Perhatikan Hal Berikut!"