Menyesuaikan Pola Aktivitas Kerja Selama Corona

WORK FROM HOME

Jika biasanya kita bebas beraktivitas untuk bekerja dan menjalankan kegiatan lain, pasti selama wabah Corona/COVID-19 melanda sangat terasa bedanya. Seluruh manusia yang tinggal di daerah terdampak penyebaran virus corona harus melakukan penyesuaian ritme hidup. Hal ini tak terkecuali bagi anak-anak, ibu rumah tangga, para buruh dan karyawan, bahkan yang selama ini menganggur dan belum mendapat pekerjaan.

Lancar atau tidaknya penyesuaian yang mau tak mau kita lakukan ini, sebenarnya sangat bergantung pada diri kita sendiri. Mengapa? Karena kita sendiri yang paling tahu mengenai batasan dari kapasitas diri sendiri. Jadi buat kamu yang merasa selama bekerja atau melanjutkan studi dari rumah justru mengalami banyak kesulitan dan hambatan, cobalah untuk mengatur ulang jadwal kegiatan yang sudah ada.


Bagi yang selama ini sudah menjalani kegiatan sekolah dengan homeschooling atau bekerja remote baik fulltime ataupun freelance, pasti tidak terlalu sulit untuk melakukan penyesuaian disaat sekarang ini. Alasannya karena mereka sudah terbiasa menyelesaikan berbagai kegiatan secara optimal dengan pengawasan yang minim. Kebebasan mengatur waktu justru membuat mereka lebih nyaman untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk fokus pada tugas dan pekerjaan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita menyontek keberhasilan mereka dalam menjalankan aktivitas.

Jadwal

Tentunya kamu harus tetap membuat jadwal kegiatan. Agar kamu tahu apa saja yang harus kamu selesaikan setiap harinya.

Membagi bobot kerja

Ada yang mendahulukan pekerjaan yang mudah, ada pula yang lebih senang mendahulukan pekerjaan yang sulit. Karena kamu sedang bekerja dengan supervisi yang minim, waktu yang digunakan untuk melakukan pekerjaan yang memiliki bobot cukup berat sebaiknya dibagi. Hal ini demi mencegah kamu terlalu asik dengan satu pekerjaan dan membuat pekerjaan lain terbengkalai.

Komunikasi

Situasi di rumah tentu berbeda dengan di kantor. Waktu yang tepat untuk mengolah pekerjaan kamu pun pasti jadi berubah. Oleh karena itu, terus komunikasikan jadwal yang kamu buat dengan atasan, tim kerja dan orang lain yang berada di rumah. Buat mereka paham bahwa kamu membutuhkan penyesuaian waktu demi dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Istirahat

Jangan memberikan tempo yang terlalu singkat untuk menyelesaikan satu tugas. Ingat, fasilitas di rumah belum tentu sebaik kualitas fasilitas di kantor. Berikan waktu yang sedikit longgar untuk mengantisipasi kemungkinan seperti internet yang lemot, laptop hang, menerima panggilan telepon yang masuk dan waktu yang harus kamu habiskan untuk sedikit beristirahat sebelum lanjut ke pekerjaan selanjutnya

Peregangan

Enaknya jika di kantor, kamu bisa sesekali keliling ruangan sambil mengistirahatkan mata dan pikiran serta meregangkan otot. Di rumah pun kamu harus tetap melakukan peregangan selama bekerja. Hal ini membantu kamu agar bisa menjaga daya konsentrasi dan menghindarkan nyeri badan karena terlalu banyak duduk.

Perbedaan paling signifikan adalah banyak hal sepele yang tak kita sadari memberikan banyak manfaat selama kita bekerja di kantor bersama rekan setim. Sehingga, ketika bekerja di rumah kita baru menyadari bahwa bekerja sendiri belum tentu mudah untuk dijalani. Demikian sisi positif yang dapat kita petik dari keberadaan wabah corona ini. Bahwa tak selamanya hal yang selama ini kita bayangkan akan menyenangkan, akan benar-benar terasa menyenangkan ketika harus dijalani.

Post a comment for "Menyesuaikan Pola Aktivitas Kerja Selama Corona"