Kesalahan yang Membuat Kamu Overload selama Work from Home

tips bekerja dirumah, tips work from home agar tidak stress, cara agar wfh tidak overload

Banyak orang yang sebelumnya sangat mengidam-idamkan untuk dapat belajar dan bekerja dari rumah. Oleh karena itu, orang yang menjalani homeschooling dan menjadi freelancer akan membuat iri teman-temannya. Dan tibalah doa banyak orang kini dikabulkan. Demi menekan penyebaran wabah penyakit, hampir seluruh kegiatan belajar dan bekerja harus dilanjutkan dari rumah.

Rupanya, yang selama ini terlihat menyenangkan nyatanya tidak mudah untuk dijalani. Di minggu-minggu awal mungkin masih bisa dikatakan sebagai masa penyesuaian. Tetapi setelah waktu berjalan dari minggu ke minggu, justru banyak yang mengalami burnout karena pekerjaan yang overload. Menyelesaikan pekerjaan dari rumah ternyata tak semudah seperti yang selama ini dibayangkan banyak orang.

Hmm, lantas harus bagaimana dong? Sementara sampai sekarang masih banyak yang tetap work from home secara penuh, sedangkan sebagian lainnya sudah mengikuti jadwal shift kerja yang tetap mewajibkan kita untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah.

Sekarang, bagaimana kalau kita ulas bersama-sama mengenai kesalahan yang sering kita lakukan selama work from home?


Suasana yang kondusif

tips bekerja di rumah, suasana kondusif


Terutama jika di rumah ada banyak anggota keluarga lain. Pastikan suasana selama bekerja kondusif dan kamu terhindar dari distraksi. Kalau diperlukan, kunci ruangan selama kamu bekerja.


Membuat timesheet terlalu mepet

tips bekerja di rumah, Membuat timesheet terlalu mepet

Bukan menyarankan untuk berbohong, tetapi buatlah estimasi waktu yang masuk akal dan benar-benar realistis. Jangan sampai kamu jadi mengerjakan segala sesuatu secara terburu-buru, karena hasilnya pasti tidak sempurna.


Menunda pekerjaan

tips bekerja di rumah, menunda pekerjaan


Berbeda dengan ketika kamu di kantor, ada orang yang senantiasa memantau serta membantu pekerjaan kamu, sehingga segala sesuatunya bisa cepat selesai. Di rumah, kamu harus mengerjakannya sendiri. Oleh karena itu, jangan menunda pekerjaan, karena bisa jadi nanti ada hambatan yang kamu temui ketika mengerjakannya.


Tidak menjalin komunikasi dengan baik

tips bekerja di rumah, tidak berkomunikasi dengan atasan

Bekerja secara remote, membuat pengawasan dari atasan lebih kendor. Jadi, sebaiknya kamu selalu mengkomunikasikan setiap hambatan sesegera mungkin.


Online 24 jam

tips bekerja di rumah, online 24 jam


Bekerja di rumah bukan berarti kamu harus bersedia melakukan pekerjaan kapanpun. Tetapkan lamanya waktu yang akan kamu gunakan untuk bekerja. Bisa saja kamu memberikan kelonggaran karena revisi atau klien yang sering meminta secara mendadak. Tetapi pastikan kelonggaran yang kamu buat tidak mempersulit diri sendiri. Karena 24 jam dihantui pekerjaan akan membuat kamu cepat stres.

"Perlengkapan Perang Harus Selalu Siap Siaga!"

Yap, sama halnya seperti berperang, kamu harus memastikan bahwa kamu telah mempersiapkan perlengkapan dengan baik. Biasakan kamu sudah menyiapkan berbagai hal di dekatmu ketika kamu sudah akan mulai bekerja. Mulai dari minuman, cemilan, gawai untuk hiburan dan barang lainnya. Tidak harus diletakkan semua di meja kerja kok! Yang penting pastikan seluruh barang yang akan kamu perlukan selama bekerja akan mudah kamu ambil ketika diperlukan.

Sebenarnya kalau dilihat-lihat, seluruh kesalahan yang disebut diatas cukup sepele ya!? Tetapi hal-hal sepele tersebut rupanya sangat penting untuk diperhatikan agar kamu dapat bekerja dari rumah dengan nyaman dan efisien. Jangan sampai kamu sudah bekerja dari rumah, justru membuat waktu untuk beristirahat dan berinteraksi jadi berkurang.

Post a comment for "Kesalahan yang Membuat Kamu Overload selama Work from Home"