Jenis Jamur yang Sedang Digemari ini Ternyata Berbahaya Loh!

jamur enoki, jamur enoki berbahaya
jamur enoki
Terutama kamu yang sedang menerapkan pola hidup sehat, pasti sudah pernah mendengar yang namanya jamur enoki makanan ala Korea kan? Ternyata jenis jamur enoki yang sedang banyak digemari ini  mengandung listeria dan berbahaya loh! Hal ini dikarenakan berdasarkan fakta di beberapa Negara, keberadaan tanaman yang tinggi protein dan serat ini dapat menyebabkan wabah Listeria.

Jamur Enoki Apakah Berbahaya?


Wabah Listeria ini terjadi di negara Amerika Serikat dan ternyata sudah memakan banyak korban serta menyebabkan beberapa dari korban tersebut meninggal dunia. Tepatnya sudah 31 orang yang harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit berdasarkan data yang dikeluarkan oleh CDC (Center for Disease Control). Meskipun wabah ini terjadi di Amerika Serikat, tanaman jamur enoki asal Korea Selatan yang diduga menyebabkan wabah atau menyebabkan listeria.

Karena wabah ini, BPOM AS (Amerika Serikat) telah memberikan peringatan berbahaya pada jenis jamur enoki dan perusahaan yang selama ini memasok produk tersebut di negara mereka. Kementerian Pertanian di negara kita pun baru saja melakukan pemusnahan jamur enoki karena mengandung zat berbahaya yang sama. Selain itu, Australia dan belasan negara lain pun melakukan tindakan yang sama. Yakni memusnahkan jamur yang berpotensi menyebabkan wabah baru ini.

Karena jenis jamur ini sedang banyak digemari orang, pemerintah tentunya tidak mau mengambil risiko. Apalagi kita belum selesai menghadapi wabah virus corona dan demam berdarah, jangan sampai ada wabah baru yang harus kita tanggulangi.

Sebenarnya penyakit Listeria ini berasal dari organisme yang memiliki nama latin listeria monocytogenes ini sudah dicatat ada sejak akhir 2016. Organisme ini akan berakibat fatal pada orang yang memiliki daya imun kurang kuat dan dapat berakibat lebih parah pada anak-anak, orang tua dan ibu hamil. Bahkan dapat menyebabkan keguguran, jika seorang ibu hamil sedang dalam kondisi tidak sehat dan tidak segera menjalani pengobatan.

Memang berdasarkan data tertulis, jika kita sedang dalam kondisi sehat tidak akan berakibat fatal. Walau wabah ini baru dideteksi terjadi di negara Amerika Serikat dan tercatat sudah tidak ada lagi penambahan jumlah korban, sebaiknya kita juga tetap waspada. Karena memang keberadaan jamur enoki ini sedang banyak digemari oleh masyarakat di negara kita.

Selain jamur enoki, sebenarnya kandungan Listeria bisa saja terdapat pada makanan lain berupa keju, melon, ikan asap, susu ataupun daging olahan. Sebaiknya perhatikan kemasan dan saran penggunaan yang telah tercantum pada produk yang kita beli. Perhatikan juga cara penyimpanannya, karena penyimpanan yang tepat menghindarkan perkembangbiakkan organisme berbahaya pada makanan yang kita gunakan.

Sebisa mungkin hindari penggunaan jamur tersebut untuk sekarang ini, demi menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi pada kita ataupun orang-orang yang kita sayangi. Karena tidak ada tanda khusus yang dapat membedakan jamur enoki yang sudah mengandung Listeria dengan yang tidak mengandung Listeria.

Post a comment for "Jenis Jamur yang Sedang Digemari ini Ternyata Berbahaya Loh!"