Ingin Belajar investasi? Perhatikan tips mudah ini!

tips belajar investasi, tips berinvestasi pemula


Keadaan yang cepat berubah karena kemajuan teknologi membuat semakin banyak orang yang mulai sadar dan familiar dengan kata "investasi". Padahal dulu, hanya segelintir orang yang memahami makna investasi dengan baik, serta menjalankannya. Hal ini dikarenakan dulu akses informasi tidak seterbuka sekarang. Sehingga orang-orang mudah terhasut akan image buruk investasi tanpa bisa mencari tahu kebenarannya.

Jadi, apakah investasi patut dilakukan? Ya. Apakah investasi jaman sekarang bebas risiko? Tidak. Loh?

Ya, sebenarnya cara apapun yang kamu ikuti untuk berinvestasi memiliki risiko. Tinggal bagaimana kita berusaha meminimalisir risiko tersebut. Lebih jelasnya, yuk simak tips mudah berikut:

Siapkan dana. 


Ini hal wajib dan paling utama, kamu tidak bisa melakukan investasi tanpa memiliki besaran dana.

Jangan memulai dengan meminjam. 


Memulai investasi dengan cara yang kurang sehat seperti meminjam dana orang lain sangat tidak direkomendasikan.
Buat alokasi dana untuk awal investasi. Dana ini sebaiknya disisihkan secara rutin. Jangan menggunakan dana penting untuk diolah, karena keuangan kamu akan terganggu.

Pilih sumber informasi dan tempat belajar yang terpercaya. 


Untungnya, pemerintah sangat senang melihat antusiasme masyarakat yang ingin melek investasi. Oleh karena itu, pemerintah sendiri rutin menggalakkan pelatihan investasi secara gratis.

Mulai dari yang paling mudah. 


Ya, investasi itu ada banyak jenis layaknya ada banyak jalan menuju Roma. Pilih saja mana yang paling mudah kamu pahami proses dan cara penggunaannya.

Jangan ikut-ikutan. 


Banyak orang yang menunjukkan keberhasilan investasi yang dijalankannya. Tetapi kamu harus sadar bahwa cara yang orang lain tempuh belum tentu cocok dan berhasil ketika kamu terapkan.
Lakukan secara perlahan. Perlahan yang bagaimana maksudnya? Pahami dulu seluk beluk dunia investasi sebelum kamu meletakkan dana yang lebih besar. Agar kamu benar-benar paham kemungkinan untung-rugi yang akan diraih.
Jangan mudah menyerah. Setiap langkah pasti ada risiko gagal. Jadikan pengalaman kegagalan kamu selama pembelajaran. Kalau perlu, catat secara rutin setiap langkah yang telah kamu buat. Kemudian perhatikan bagaimana hasil dari masing-masing langkah tersebut.

Cek kredibilitas sebelum menjatuhkan pilihan. 


Jika menggunakan pihak ketiga pengelola investasi, pastikan mereka memiliki reputasi yang bersih.
Pilih yang komunikatif dan transparan. Sebelum menandatangani kontrak perjanjian, pastikan manajemen pengelola menerapkan sistem laporan yang transparan. Kalau merasa ragu, kamu bisa menanyakan langsung ke institusi khusus seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Semudah apapun tips yang didapat, tidak akan berguna jika kamu tidak berhati-hati dalam bertindak. Ingat, investasi yang akan kamu lakukan bertujuan untuk mendapat keuntungan di masa mendatang. Jadi jangan sampai melangkah dengan gegabah.

Dengan mempelajari seluk-beluk investasi, harapannya kamu tidak mengalami kerugian yang terlalu besar. Sehingga kamu dapat menikmati hasil yang berlimpah di masa depan.

Post a comment for "Ingin Belajar investasi? Perhatikan tips mudah ini!"

Berlangganan via Email