Budaya Baru yang Harus Kita Terapkan Sampai Wabah Corona Selesai

new normal sebuah budaya baru setelah corona

Terasa atau tidak, wabah virus Corona atau COVID-19 sudah merubah kehidupan kita selama kurang lebih tiga bulan lamanya. Sudah begitu banyak kehidupan yang terdampak karena penyebaran virus ini. Hingga sekarang, belum ada obat ataupun vaksin yang dinyatakan benar-benar ampuh untuk mengobati orang yang sudah positif terjangkit. Padahal negara yang memiliki teknologi maju sudah berbondong-bondong melakukan berbagai penelitian.

Mengingatkan kita pada film Hollywood yang diperankan oleh Will Smith yang berjudul I Am Legend. Lakon Robert Neville yang ditunjukan dengan apik oleh Will Smith menjadi satu-satunya orang yang bertahan hidup di kotanya. Dan demi kelangsungan hidupnya, pada akhirnya Robert melakukan berbagai penyesuaian.

Inilah yang sekarang ini sedang dilakukan oleh para peneliti, pemangku kebijakan dan tim medis. Menentukan pola hidup baru demi kelangsungan hidup. Karena tidak dipungkiri, kita tidak dapat terus-terusan berdiam di rumah. Tetap ada kegiatan yang harus dilakukan di luar rumah, apapun alasannya.

New normal, begitulah budaya baru ini dinamakan. Dengan harapan kita dapat tetap melanjutkan hidup sampai wabah Corona selesai. Kenormalan yang berbeda, yang banyak sekali menuai pro dan kontra. Karena beberapa tetap menganggap bahwa modifikasi budaya normal ini tetap akan memakan banyak korban.

Pro kontra memang akan selalu ada. Bagi kamu yang masih bisa melaksanakan berbagai kegiatan di dalam rumah, tentunya tetap lebih baik ketimbang berkeliaran di luar rumah. Sedangkan untuk sebagian yang tetap harus beraktivitas karena tuntutan pekerjaan, tentu bukanlah mudah untuk melakukan hal ini.

Sebenarnya, new normal itu aman atau tidak? Para ahli kesehatan menyatakan, memang tidak sepenuhnya aman. Tetapi setidaknya budaya new normal ini dapat mencegah semakin banyak orang yang terpapar virus, ketika mereka sedang bekerja atau melakukan aktivitas lain di luar rumah.

Dari berbagai informasi yang kami himpun, sepertinya kita sudah harus wajib memiliki beberapa benda berikut ketika ingin melakukan aktivitas diluar rumah. Beberapa benda tersebut adalah:

  • - Hand sanitizer
  • - Cairan desinfektan
  • - Tisu basah antiseptik
  • - Masker wajah
  • - Perlengkapan mandi
  • - Pakaian yang menutupi dari ujung kaki hingga kepala (jaket ber-hoodie dan celana panjang)
  • - Pakaian yang akan dikenakan setibanya kita di tujuan
  • - Kantong khusus untuk menyimpan pakaian yang sudah dipakai di luar ruangan.


Hmm, banyak sekali. Ya, memang membuat kita jadi harus membawa banyak barang ketika memutuskan untuk bepergian. Tetapi jika kamu ingin tetap bepergian keluar rumah dengan keadaan lebih aman dan meminimalisir potensi terkena droplet yang mengandung virus, hal ini mau tidak mau harus dilakukan.

Jangan karena merasa sedang dalam kondisi sehat, lantas kamu mengabaikan kesehatan dan kebersihan. Kamu mungkin bisa saja terjangkit virus namun dalam keadaan sehat, tetapi bagaimana dengan orang-orang di sekitar kamu?

Post a comment for "Budaya Baru yang Harus Kita Terapkan Sampai Wabah Corona Selesai"