Tradisi Adat Unik Banyuwangi, Indonesia

Tradisi Adat Unik Di Banyuwangi, Jawa Timur

tradisi banyuwangi indonesia, tradisi unik banyuwangi, tradisi unik


Tradisi unik di Indonesia memang sudah tidak bisa luput lagi, karena Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya dan suku. Khususnya di daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Memiliki keunikan tersendiri, ya terdapat suku asli dari penduduk Banyuwangi, yaitu Suku Osing atau lebih dikenal wong Osing. Tidak hanya itu suku osing juga masih ada sampai sekarang, umumnya wong osing menganut kepercayaan hindu, tapi seiring berkembangnya zaman serta penyebaran islam di wilayah Pantura ( Pantai Utara) wong osingpun menganut kepercayaan islam. Menarik bukan? Uniknya lagi penduduk Banyuwangi merupakan multi-cultural loh, ya terdapat beberapa suku yang tinggal di daerah tersebut seperti Suku Osing, Suku Madura, Suku Jawa dan Suku Bugis. Ya hal tersebut makin membuat keunikan serta keberagaman dalam bermasyarakat, slogan pancasila "Bhineka Tunggal Ika" pun semakin lekat di Banyuwangi. terdapat banyak suku dan masih tetap hidup bersama. 


Berikut adalah Tradisi Budaya Unik di Banyuwangi

Tradisi Kebo-keboan


tradisi kebo keboan banyuwangi jawa timur
sumber: instagram.com/icky_way/
Tradisi ini sangat unik dimana para lelaki yang ditunjuk oleh kepala Desa akan didandan menjadi kebo atau kerbau untuk melakukan ritual pengucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa atas hasil panen yang melimpah serta panen berikutnya di tahun depan dapat di melimpah juga. Tradisi Kebo-keboan biasanya dimulai pada malam 1 Suro. 

Tumpeng Sewu


tradisi tumpeng sewu banyuwangi
sumber merdeka.com

Upacara adat Banyuwangi Tumpeng Sewu yang merupakan tradisi dari suku osing ini merupakan hal yang menarik juga untuk kalian ketahui, dimana diselenggarakan disetiap Tahunnya, yaitu merupakan festival tradisi adat yang sudah menjadi wisata bagi banyak orang. Tujuan acara tumpeng sewu adalah acara selametan tolak bala (menolak bencana).

Mepe Kasur


tradisi mepe kasur banyuwangi
sumber sabigaju.com

Tradisi yang paling unik lagi adalah mepe kasur, ya dimana para penduduk desa melakukan hal ini mengumpulkan kasur didepan rumah dan memukul-mukul kasur menggunakan rotan sembari dijemur. Hal ini ditujukan sebagai tolak bala dan wabah penyakit, sebab menurut beberapa sumber mengenai mepe kasur, segala bencana dan penyakit bisa terjadi dikasur. 

Othek


tradisi unik banyuwangi othek
sumber hipwee.com
Othek adalah kesenian musik yang terbuat dari lesung padi dipukul menggunakan alung (togkat tumbuk padi), tradisi ini biasa dilakukan oleh suku Osing pada saat acara panen padi dan hajatan. Tapi seiring berkembangnya zaman othek mulai menjadi daya tarik tersendiri dan unik bagi para wisatawan, ada sanggar yang masih melestarikan othek dan banyak wisatawan yang ingin menyaksikan dan mendengar musik khas dari Banyuwangi. 

Seblang


tradisi adat tarian seblang
sumber genpi.co
Tarian unik yang dikenal dengan hal mistisnya serta sudah ada ratusan Tahun yaitu tradisi Seblang, tarian ini diselenggarakan untuk menolak bala bisa disebut sebagai upacara pembersihan. Tidak bisa sembarang orang yang bisa melakukan Tarian Seblang, hanya perempuan tua yang bisa melakukannya, kenapa? karena perempuan tua yang sudah dipilih oleh kepala adat merupakan perempuan suci. Makin unik dan ngeri-ngeri sedap ya, acara seblang ini. Ditambah lagi ketika acara dimulai listrik akan dimatikan jadi sumber pencahayaan hanya menggunakan obor, wah ini dia yang menjadi daya tarik ketika sudah dimatikan penari seblangpun siap untuk melakukan ritual dan seperti biasa karena berbau mistis, penari seblangpun tidak bisa terhindar dari kesurupan sembari menari. 

Post a comment for "Tradisi Adat Unik Banyuwangi, Indonesia"