Kawah Ijen, Fenomena Api Biru yang Mempesona

kawah ijen

Kawah Ijen Banyuwangi memang menyimpan pesona yang sangat menakjubkan, salah satunya blue fire atau api biru. Gunung Ijen umumnya ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan ketinggian 2.443 mdpl, gunung ini berada di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi. Untuk bisa melihat keindahan blue fire. Kawah ijen sendiri memiliki kedalaman 200 meter dengan luas mencapai 5.466 hektar. Pesona blue fire ini bisa dilihat di dalam Kawah Ijen.

Track Terjal Menuju Kawah Ijen

jalur menuju kawah ijen, trecking kawah ijen, jalur kawah ijen

Pintu utama untuk masuk ke dalam lokasi Kawah Ijen ini berada di Paltuding, Banyuwangi. Bagi wisatawan yang tidak ingin bermalam di gunung dan berharap tetap bisa menyaksikan Kawah Ijen blue fire, maka kawasan Kalipuro bisa menjadi pilihan untuk jalur menuju Kawah Ijen. Dari kalipuro menuju Paltuding, biasanya akan menghabiskan waktu kurang lebih satu jam atau menempuh jarak sekitar 35 km. Jika ingin melakukan perjalanan melihat Blue fire atau api biru pendakian bisa dimulai sekitar pukul 01.00 dini hari.

Setelah melewati jalan hutan berliku di Lereng Gunung Ijen, pengunjung akan tiba di Paltuding. Karena suhu udara disekitar Gunung Ijen dingin sebaiknya memakai pakaian tebal atau jaket anti angin (windproof). Beberapa penduduk sekitar biasanya juga akan menawarkan diri untuk mendampingi para pendaki sebagai tour guide. Menyewa jasa guide memang disarankan untuk mereka yang belum tahu seluk beluk Kawah Ijen, sekaligus kalian membantu pemasukan penduduk sekitar loh. 

Biasanya pendakian akan memakan waktu sekitar 2-4 jam perjalanan. Dalam dua kilo meter pertama, track menuju Kawah Ijen didominasi dengan jalan tanah yang berdebu. Karena itu, pendaki dianjurkan untuk memakai masker khusus atau penutup hidung. Sementara di satu kilo meter terakhir, jalan bebatuan yang terjal dan sempit harus dilewati. Aroma belerang yang semakin menyengat menandakan jika lokasi Kawah Ijen Bondowoso sudah dekat. 

Selain jalur yang menantang, perjuangan menuju Kawah Ijen. Semua akan terbayarkan karena kalian bisa menikmati fenomena api biru atu blue fire. Memang benar kata pepatah "Usaha tidak akan pernah menghianati hasil". 

Blue Fire Bisa Dilihat Dini Hari

blue fire kawah ijen, api biru kawah ijen

Jika kalian berencana untuk melihat blue fire di Kawah Ijen, ada tips menarik yaitu tentukan waktu terbaik untuk melihat keindahan blue fire atau api biru yaitu setelah musim penghujan, di bulan Juli- September karena intensitas kabut di Kawah Ijen cenderung lebih rendah. Kondisi ini akan semakin mendukung para pendaki untuk melihat dengan jelas birunya danau dan blue fire tanpa terhalang oleh kabut. Jika kabut tinggi dan tebal, blue fire hanya terlihat samar atau redup, dan bahkan tidak terlihat sama sekali. 

Blue fire merupakan proses penguapan belerang yang terlihat berwarna biru terang saat malam hari. Karena itu, waktu paling tepat untuk melihat keindahan alam satu ini adalah ketika dini hari. Setelah hari mulai terang, warna blue fire akan semakin memudar namun tergantikan dengan keindahan Kawah Ijen. Kawah Ijen bersifat asam dan terbentuk akibat letusan Gunung Ijen yang diyakini sebagai salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. 

Nah, itu dia beberapa informasi yang bisa infokuy.com bagikan. Semoga bisa bermanfaat  dan membantu kamu yang ingin menikmati keindahan blue fire dan pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Ijen. 


Post a comment for "Kawah Ijen, Fenomena Api Biru yang Mempesona"