Cara Mencegah Dehidrasi

Sering Merasa Haus? Begini Cara Cegah Dehidrasi

cara cegah dehidrasi

Apa kamu sering merasa cepat haus padahal sudah banyak minum? Bisa jadi karena kamu suka mengonsumsi makanan atau minuman ini, lho!

Tubuh manusia umumnya terdiri dari 75% air yang berfungsi dalam menjaga keseimbangan. Manusia akan kehilangan air setiap harinya melalui sistem ekskretoris berupa mengeluarkan keringat, bernafas, dan juga lewat berkemih. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi air minum yang cukup setiap harinya. Namun, tahukah kamu bahwa ada faktor lain yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan air.

Ya, makanan dan minuman juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tubuh kehilangan air sehingga sering merasa haus. Makanan dan minuman ini sebenarnya bisa membuat kamu merasa dehidrasi karena tubuh meminta lebih banyak air. Untuk menghindari tubuh kekurangan air, kamu perlu mengurangi konsumsi makanan atau minuman seperti di bawah ini.

Minuman Berkafein
Minuman yang mengandung kafein termasuk kopi dan teh bisa membuat kamu merasa cepat haus karena harus sering buang air kecil. Jadi, semakin banyak kamu meminum kopi atau teh, maka dehidrasi akan semakin dirasakan. Kopi atau teh cukup dua cukup dikonsumsi sebanyak kurang lebih tiga cangkir dalam sehari untuk mencegah ketidakseimbangan karena kehilangan cairan dalam tubuh.

Alkohol
Alkohol tak hanya buruk untuk kesehatan tubuh, namun juga dapat menyebabkan kamu cepat merasa harus atau mudah dehidrasi. Alkohol yang dikonsumsi terlalu banyak dan sering akan membuat kamu semakin sering mengunjungi kamar mandi. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan cairan di dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Makanan Asin
Makanan yang mengandung natrium tinggi, seperti keju olahan, hot dog, serta roti bisa membuat kamu lupa mengonsumsi air putih setelahnya. Sodium yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan hilangnya cairan. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi atau membatasi konsumsi makanan kaleng, makanan olahan, makanan beku, serta bumbu cepat saji lainnya.

Makanan Berprotein Tinggi
Jika kamu sedang menjalani program diet dengan protein tinggi, maka ada kemungkinan tubuh akan merasa cepat dehidrasi. Hal ini dikarenakan tubuh menggunakan lebih banyak air untuk memetabolisme nitrogen alami dalam protein. Jadi, jika kamu sedang menjalankan diet, perbanyaklah konsumsi air agar tidak mudah merasa dehidrasi.

Makanan dan Minuman Manis
Minuman manis dengan kadar gula tinggi yang bisa meningkatkan laju kehilangan air dalam tubuh. Minuman manis diyakini bisa mengganggu fungsi enzim dan mengurangi kapasitas penyimpanan air. Karena itu, cara cegah dehidrasi bisa dengan membatasi jumlah konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, seperti minuman berenergi, minuman ringan, serta minuman olahraga lainnya.

Selain menghindari beberapa makanan dan minuman yang menyebabkan dehidrasi seperti di atas, kamu juga bisa melakukan pencegahan. Tindak pencegahan bisa kamu awali dengan rutin mengonsumsi makanan dan minuman pencegah dehidrasi. Makanan pencegah dehidrasi yang bisa kamu konsumsi beberapa buah-buahan, seperti mangga, alpukat, dan delima. Selain itu, beberapa minuman yang bisa mencegah dehidrasi, antara lain air putih, air kelapa, dan jus buah dengan kandungan vitamin tinggi.


Nah, cara mencegah terjadinya dehidrasi sudah kamu ketahui dengan jelas, kan? Karena sebentar lagi musim panas akan datang, tips yang sudah infokuy.com jabarkan di atas perlu kamu ingat, ya! 

Post a comment for "Cara Mencegah Dehidrasi"