7 Makanan Sehat Tapi Berbahaya

Bisa Jadi Sumber Penyakit, Ini 7 Makanan Sehat Tapi Berbahaya

makanan sehat yang berbahaya


Sumber penyakit tak hanya berasal dari makanan junk food, namun juka makanan sehat, lho! Apa saja makanan sehat tapi berbahaya bagi tubuh?


Sayuran dan buah memang sangat bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Kandungan vitamin yang ada di sayur dan buah bisa menjadi penyeimbang nutrisi dalam tubuh. Namun, perlu diketahui bahwa berbagai makanan sehat ini justru bisa berubah menjadi sumber penyakit bila kita tidak memperhatikan kehigienitasannya.

Meskipun relatif jarang, keracunan bisa saja terjadi ketika memakan berbagai jenis sayuran atau buah yang tidak diperhatikan kebersihannya. Kunci utama dari masalah ini adalah berhati-hati dan cerdas dalam memilih makanan agar kesehatan tubuh tetap bisa terjaga. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut beberapa makanan sehat yang ternyata berbahaya sehingga perlu kamu perhatikan kebersihannya.

Sayuran Hijau

sayuran hijau, 7 makanan sehat yang berbahaya


Sayuran dengan daun hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jika tidak diperhatikan kebersihannya bisa berbahaya, lho! Sayuran mungkin telah terkontaminasi oleh pupuk kandang atau tangan kotor bahkan sebelum kamu membelinya. Telah banyak kasus tentang wabah karena sayuran yang terkontaminasi. Karena itu, cucilah sayuran dengan benar menggunakan air mengalir sebelum mengosumsinya.

Telur

telur, 7 makanan sehat yang berbahaya


Telur sering dikaitkan dengan keracunan makanan karena kandungan bakteri yang ada di dalamnya. Bakteri dalam telur dapat menginfeksi tubuh, terutama jika dikonsumsi dalam kondisi mentah. Salah satu cara paling tepat untuk mencegahnya adalah dengan memasaknya sampai matang. Hindari juga mengonsumsi telur mentah sebagai ramuan. Selain itu, mendinginkan telur sebelum dimakan juga merupakan ide bagus untuk mengindari infeksi akibat bakteri.

Daging

daging, 7 makanan sehat yang berbahaya



Tak perlu dijelaskan lagi, daging memang termasuk makanan sehat yang berbahaya karena memiliki beragam bakteri yang tinggal di dalamnya. Ayam dan sapi merupakan penyebab utama sejumlah wabah yang disebabkan oleh keracunan. Mengonsumsi daging mentah juga harus dihindari karena banyak kandungan penyakit yang mengintai kesehatan tubuh. Karena itu, sangat penting untuk membersihkan dahulu daging yang akan dikonsumsi serta masak hingga benar-benar matang.

Tuna

tuna, 7 makanan sehat yang berbahaya


Makanan sehat tapi bahaya lainnya yang perlu kamu waspadai adalah tuna. Kandungan asam lemak di dalam daging tuna bisa menjadi sumber yang sangat bagus karena dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, ikan ini juga bisa membuat kamu yang mengonsumsinya terkontaminasi oleh bakteri Scombrotoxin. Bakteri jenis ini bisa memicu munculnya kemerahan, sakit kepala, dan keram. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyimpan ikan dalam suhu optimal agar toksin atau racun di dalamnya bisa terlepas.

Tiram

tuna, 7 makanan sehat yang berbahaya


Tiram terkenal sebagai pemakan sampah atau menyaring makanan di dasar laut, sehingga berpotensi tinggi terkena berbagai macam kontaminasi berbahaya. Untuk menghindarinya, ketika ingin mengonsumsi tiram kamu harus memasaknya dengan benar agar kuman yang ada di dalamnya bisa menghilang. Kuman yang ada di dalam tiram seperti Norovirus ini biasanya akan menyebabkan mual, muntah, hingga mengalami diare.


Tomat

tomat, 7 makanan sehat yang berbahaya



Selain berguna untuk membantu menurunkan berat badan, ternyata tomat juga termasuk ke dalam 7 makanan sehat tapi berbahaya. Pelaku utama yang menyebabkan tomat berbahaya adalah bakteri Jalapenos dan Serrani Paprika. Untuk itu, tindak pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah mencuci tangan serta membersihkan tomat pada air mengalir sebelum mengonsumsinya agar terhindar dari infeksi bakteri tersebut.

Berries

berries, 7 makanan sehat yang berbahaya


Stoberi, raspberry, serta blackberry juga mengandung berbagai bakteri berbahaya yang akan memicu munculnya penyakit serius. Kuman di dalam berbagai jenis berries ini disebut Cyclospora yang umumnya akan menyebabkan diare berat, dehidrasi, dan keram. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka buah berries ini harus dikonsumsi dengan tepat, seperti dicuci menggunakan air mengalir untuk mencegah infeksi atau keracunan. 


Ya, itu dia beberapa makanan sehat yang ternyata berbahaya sehingga perlu kamu perhatikan sebelum mengonsumsinya. Semoga ulasan yang sudah infokuy.com bagikan di atas bisa meningkatkanya kewaspadaan sehingga terhindar dari bahaya yang mungkin mengancam kesehatan tubuhmu, ya!

Post a comment for "7 Makanan Sehat Tapi Berbahaya"