Manfaat Biji Wijen Bagi Tubuh, Cerahkan Kulit Hingga Lancarkan Pencernaan!

Pernahkan kamu menambahkan biji wijen sebagai topping di makanan? Jika ya, tahukah kamu jika banyak sekali lho manfaat dari wijen ini!
Manfaat biji wijen
Manfaat biji wijen

Manfaat biji wijen bagi tubuh memang sangat banyak sehingga dikenal sebagai bahan tradisional untuk beberapa terapi yang dilakukan berbagai negara. Antioksidan alami serta kandungan SPF dalam biji wijen mampu membantu menjaga kulit tubuh tetap terlindungi dari sinar UV matahari serta melindungi radikal bebas ketika beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga Cara Merawat Kulit Wajah Agar Tampak Cerah 

Komponen lainnya dalam biji wijen, seperti magnesium juga bisa menjaga kadar insulin dan glukosa di tubuh sehingga mengurangi kemungkinan menderita diabetes. Menurut para ahli, biji wijen memiliki manfaat kesehatan karena sifat antioksidan yang ada dalam biji dalam membantu anti penuaan. Khasiat biji wijen bisa didapatkan jika diaplikasikan dengan cara yang benar dan tepat. Beberapa manfaat biji wijen untuk tubuh yang perlu kamu pahami, seperti berikut ini.


Membantu Mencerahkan Kulit



Biji wijen memiliki manfaat, yakni efektif dalam mencerahkan dan membantu penyembuhan kulit. Kandungan kaya akan sifat anti-inflamasi dalam biji wijen berguna untuk menyembuhkan kemerahan dan masalah pada kulit wajah lainnya dengan cara menyingkirkan patogen yang menyebabkan infeksi kulit. Hal inilah yang membuat kulit tetap hangat dan lembab.

Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah yakni dengan mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan biji wijen bubuk. Oleskan campuran ini ke kulit wajah, ratakan, dan ulangi hal yang sama selama satu atau dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.


Mampu Menutrisi Rambut



Seperti yang sudah diketahui, manfaat biji wijen tak hanya bagus untuk kulit namun juga rambut. Kandungan asam lemak omega dalam biji wijen dapat memberi nutrisi pada pertumbuhan rambut, terutama di akarnya. Tak hanya itu, manfaat minyak wijen untuk tubuh juga diketahui bisa membantu melembabkan kulit kepala dan memperbaiki sirkulasi darah dengan meremajakan folikel rambut.

Kamu bisa menambahkan dua sendok teh minyak wijen, 2 hingga 3 tetes minyak esensial rosemary serta satu sendok makan gel aloe vera. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan pijat secara lembut dengan gerakan melingkar. Setelah itu, bilas rambut dengan sampo dan kondisioner yang bebas bahan kimia. Terapkan cara ini sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Hilangkan Plak Gigi



Kandungan minyak dalam jumlah tinggi yang ada pada biji wijen menjadi makanan sehat yang bisa membantu dalam menghilangkan plak gigi serta meningkatkan kesehatan mulut. Selain itu, vitamin E dalam wije juga bisa membantu mencegah terjadinya penumpukan plak di arteri sehingga tekanan darah akan terjaga dengan baik.

Biji wijen memiliki kandungan zinc di dalamnya yang mampu mengembangkan dan mengaktifkan sel darah putih tertentu. Nah, fungsi dari zinc ini adalah untuk menyerang mikroba penyebab penyakit. Tak hanya zinc, biji wijen juga merupakan sumber nutrisi penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, seperti selenium, zat besi, dan vitamin B6.


Lancarkan Pencernaan



Selain itu, biji wijen juga berguna dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dengan menyembuhkan sembelit. Tiga sendok makan biji wijen hitam mengandung 3,5 gram serat yang bisa memenuhi 12 persen serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat yang tinggi dalam wijen ini juga dapat membantu melancarkan pergerakan usus sehingga kamu bisa terhindar dari gangguan pencernaan.

Serat dalam wijen tidak hanya dikenal untuk meningkatkan kesehatan pencernaan namun juga berperan penting dalam hal lain. Banyak bukti yang telah menunjukkan bahwa serat bisa membantu mengurangi risiko terkenan penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, penyakit kanker tertentu, kelebihan berat badan atau obesitas, serta diabetes tipe 2.


Setelah mengetahui berbagai manfaat wijen bagi tubuh yang infokuy.com bagikan di atas, maukan kamu melewatkan untuk mengonsumsinya? Sangat disayangkan bukan jika kamu tidak mulai rutin mengonsumsi biji wijen karena banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba, ya!

Post a comment for "Manfaat Biji Wijen Bagi Tubuh, Cerahkan Kulit Hingga Lancarkan Pencernaan!"