Penting Untuk Diterapkan, Begini 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata


Perawatan mata harus dilakukan dengan benar jika tak ingin masalah serius muncul. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata?
Sampai saat ini, masih banyak yang mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan mata. Mata menjadi salah satu organ vital karena selalu digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Untuk itu, kesehatan mata harus diperhatikan dengan baik. Meskipun beberapa orang sudah memiliki kelainan pada mata seperti minus, namun wajib juga untuk mengetahui cara agar mata menjadi lebih sehat.
Pemeriksaan rutin sangat dianjurkan untuk mengetahui kondisi kesehatan mata. Jarang melakukan pemeriksaan pada mata bisa membuat kondisi mata menjadi memburuk. Untuk itu, berikut 7 cara menjaga kesehatan mata yang bisa kamu muali terapkan dari sekarang.

Kenali Sejarah Keluarga


Menyadari kondisi turun temurun sangat penting dalam memahami kesehatan jangka panjang mata. Dengan mengetahui lebih awal, maka diharapkan bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit yang mungkin saja memburuk. Perlu diketahui bahwa sepertiga orang tidak menyadari Glaukoma dalam tubuh karena adanya riwayat penyakit pada keluarganya. Mengetahui riwayat keluarga bisa membantu kamu dalam melindungi kesehatan mata di masa depan.

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin

Sumber foto: britannica.com
Selalu memperhatikan asupan makanan sehat untuk tubuh menjadi salahsatu cara untuk menjaga kesehatan mata. Makanan kaya akan lutein dan vitamin yang biasanya ditemukan pada sayuran hijau diperkirakan dapat membantu menunda timbulnya AMD dan katarak. Omega 3 dalam sayur ini juga diyakini dapat membantu mengurangi kondisi mata kering. Selain mengonsumsi sayur, ikan berminyak seperti ikan tenggiri, tuna, dan salmon merupakan sumber makanan terbaik karena Omega 3 nya yang tinggi. Makanan dengan kandungan seng seperti keju, susu, dan unggas juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pada mata.

Olahraga Secara Teratur


Kesehatan mata tak hanya bisa diperoleh dari asupan makanan, namun juga lewat rutin melakukan olahraga. Berolahraga secara teratur sangat penting dalam menjaga berat badan dan juga berguna dalam melawan berbagai penyakit, seperti kardiovaskular, diabetes, serta kesehatan mata. Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan cara menjaga kesehatan mata secara alami yang diketahui berkaitan dengan menurunkan risiko munculnya Glaukoma atau kerusakan pada saraf mata.

Hentikan Kebiasaan Merokok


Seperti yang sudah diketahui, bahaya rokok sangat beragam salah satunya menyebabkan masalah pada mata. Seorang perokok berrisiko tinggi mengalami kerusakan pada mata. Jika memiliki kebiasaan merokok, maka pengembangan AMD dan katarak menjadi sangat kuat sehingga perokok bisa mengalami penurunan pada kesehatan mata dan yang lebih parah adalah mengembangkan penyakit katarak.

Jangan Konsumsi Alkohol

Sumber foto: hipwee.com
Diet yang buruk, memiliki kebiasaan merokok, dan mengonsumsi alkohol merupakan tiga faktor yang bisa menyebabkan neuropati optic progesif beracun (atrofi optic). Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kerusakan pada sel saraf optik. Dalam kasus ini, penderita bahkan bisa mengalami kebutaan jika dibiarkan. Jadi, untuk menjaga kesehatan mata maka usahakan untuk menghindari konsumsi minuman dengan kandungan alkohol.

Hindari Terkena Langsung Sinar UV


Sering terpapar sinar ultraviolet atau UV terus menerus dalam jangka waktu lama dapat merusak mata karena menyebabkan retina terbakar dan bahkan kebutaan. Cahaya UV ini diketahui dapat meningkatkan risiko AMD dan katarak. Jika kamu merasa tidak nyaman saat sinar UV mengenai mata maka itu bisa menjadi pertanda mata telah rusak. Agar terhindar dari risiko ini, bawalah kacamata hitam dengan standar CE ketika bepergian siang hari.

Menjaga Jarak Aman Mata


Jika kamu sering menghabiskan waktu di depan komputer, maka perlu segera menerapkan aturan jarak mata yang aman dengan komputer. Kamu harus memposisikan layar 20 sampai 24 inci dari mata dengan bagian tengah layar 10 sampai 15 derajat di bawah garis penglihatan. Ingatlah untuk melepaskan diri dari layar seperti pada peraturan 20/20/20 yaitu lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik setiap 20 menit untuk mengurangi ketegangan mata. Selain itu, periksakanlah mata secara rutin supaya kesehatan mata tetap terjaga dengan baik.
Dari informasi yang telah infokuy.com jelaskan di atas, sudahkan kamu menerapkannya? Berbagai cara ini harus segera kamu terapkan lho jika ingin kesehatan mata tetap terjaga. Jika kamu mengabaikan kesehatan mata, bisa jadi masalah serius akan mengintai di kemudian hari!

Post a comment for "Penting Untuk Diterapkan, Begini 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata"