Konsumsi 10 Makanan Sebelum Olahraga Ini Agar Energi Terpenuhi

Olahraga memang sangat penting untuk menjaga ketahanan tubuh. Namun, perlu diingat juga untuk selalu mendapat asupan makan yang tepat!

Ketika kamu berolahraga, asupan makanan harus tetap terjaga supaya energi yang telah hilang bisa cepat tergantikan. Salah satu nutrisi yang bisa dikonsumsi adalah karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi terpenting untuk tubuh, terutama jika kamu rutin berolahraga. Melakukan kegiatan fisik, seperti berolahraga membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Karena itu, asupan tubuh harus terjaga dengan baik
Sebelum berolahraga, jika kamu mengabaikan pentingnya asupan untuk tubuh maka yang akan terjadi adalah gula darah menjadi rendah. Nah, tubuh mendapatkan jumlah energi dan nutrisi yang tepat, kamu perlu mengetahui 10 makanan sehat ini sebelum berolahraga. Berikut ini beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi sebelum melakukan olahraga.

Pisang


Sumber foto: pinterest.ca
Buah pisang sangat bagus dalam penyedia karbohidrat sebagai bahan bakar yang bisa digunakan untuk berolahraga. Pisang juga mengandung potasium yang dapat membantu fungsi otot dan saraf. Memakan pisang sebelum olahraga bisa membantu tubuh mendapatkan asupan protein guna membangun dan memperbaiki otot.

Oats 

Oats dikemas dengan serat yang dapat memfasilitasi pelepasan karbohidrat dengan stabil sehingga memberi tubuh kamu energi selama latihan. Selain itu, oats juga mengandung vitamin yang berguna untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi.

Smoothie Buah 

Mengonsumsi smoothie buah cocok dijadukan sebagai makanan ringan pra latihan karena mampu membantu tubuh mendapatkan energi cukup dari kandungan protein yang berkualitas tinggi. Smoothie buah juga sangat mudah dicerna dan memiliki kombinasi karbohidrat sederhana.

Roti Gandum 

Roti gandum bisa kamu konsumsi sebelum berolahrga karena berperan sebagai sumber karbohidrat yang sangat bagus. Berbagai topping juga bisa kamu tambahkan di atas roti gandum, seperti selai dan madu. Gabungan roti gandum dan topping sehat ini tentu akan membuat tubuh kamu semakin berenergi, lho!

Putih Telur 


Sumber foto: sea.mashable.com
Mengonsumsi lemak dari kuning telur bisa menyebabkan kembung dan lesu saat melakukan olahraga. Karena itu, sebelum berolahraga lebih dianjurkan untuk mengonsumsi putih telur karena tidak mengandung lemak dan dapat memberi kamu 4 gram protein.

Buah kering 

Buah kering juga bisa menjadi pilihan asupan kamu sebelum melakukan aktivitas fisik. Buah kering mengandung karbohidrat sederhana yang dapat memberikanmu energi instans. Buah kering yang bisa kamu jadikan makanan sebelum olahraga pagi, seperti aprikot, buah beri, atau nanas.

Dada Ayam 

Makanan sebelum olahraga yang cocok kamu konsumsi lainnya adalah dada ayam Dada ayam memiliki protein tinggi sehingga sangat bagus jika dimakan sebelum berolahraga. Dada ayam bisa dikonsumsi dengan cara dipanggang atau menambahkannya pada salad.

Alpukat 

Buah alpukat memiliki kadar asam oleat tinggi sehingga berguna dalam membantu memperbaiki sel. Konsumsi alpukat sebelum berolahraga mampu mengurangi peradangan di tubuh. Selain itu, lemak serat tinggi yang terkandung dalam alpukat juga bisa meminimalisir rasa lapar saat berolahraga.

Buah dan Yogurt 

Makanan penunjang olahraga lain yang bisa dikonsumsi adalah percampuran antara buah dan yogurt. Kombinasi ini bisa menjadi bahan bakar yang tepat sebelum berolahraga. Karbohidrat dari buah dan juga protein dari yogurt dapat mencegah terjadinya kerusakan otot.

Salmon


Sumber foto: bbcgoodfood.com
Salmon memiliki peptide bioaktif dan molekul protein mampu membantu mengurangi peradangan. Tak hanya itu, rutin memakan salmon juga bisa membantu mengatur kadar insulin dan melindungi persendian pada tubuh

Nah, itu tadi beberapa makanan yang cocok untuk olahraga agar tubuh tetap berenergi. Olahraga yang dilakukan secara rutin memang akan membuat tubuh terasa sehat dan bugar. Namun, tak ada salahnya mencoba beberapa makanan sebagai asupan tepat bagi tubuh yang sudah infokuy.com sebutkan di atas kan? Selain berasal dari bahan alami, berbagai makanan penunjang olahraga ini juga mudah kamu dapatkan. Jadi, jangan lupa untuk konsumsi agar tubuh semakin bersemangat, ya!

Post a comment for "Konsumsi 10 Makanan Sebelum Olahraga Ini Agar Energi Terpenuhi"