Jangan Anggap Sepele, Begini Cara Cuci Muka Tepat Agar Kulit Tak Iritasi

Kulit wajah yang bermasalah bisa jadi karena cara cuci muka yang tidak tepat, lho! Lalu, apa saja kesalahan ketika cuci muka?
Sebagai seorang wanita, menjaga kesehatan kulit terutama wajah tentu sangat penting bukan? Terlepas dari standar sosial yang tinggi, kebersihan kulit atau skincare sudah menjadi kebutuhan dasar bagi wanita. Nah, salah satu langkah awal dan mendasar untuk mendapatkan kulit wajah sehat dimulai dari cara cuci muka yang benar.

Secuek apapun kamu, sepertinya mustahil jika tidak pernah cuci muka atau paling tidak menggunakan air saja. Tapi tunggu dulu, ternyata masih banyak lho yang tidak sadar melakukan kesalahan ketika cuci muka. Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa simak cara cuci muka dengan benar seperti menghindari beberapa kesalahan berikut ini.

Memakai Sabun Muka Terlalu Banyak

Sumber foto: dherbs.com

Kebanyakan dari kita mungkin masih berpikir jika semakin banyak sabun yang digunakan maka akan semakin bagus hasilnya. Padahal, hal ini salah besar karena terlalu banyak sabun muka yang digunakan justru bisa memicu iritasi, lho! Hal ini perlu kamu hindari terutama jika tipe kulit wajah sensitif. Penggunaan sabun seujung jari saja sudah cukup karena selain hemat kamu juga bakal terhindari dari risiko iritasi dan juga menjadi cara cuci muka berjerawat paling tepat.

Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Sumber foto: economictimes.indiatimes.com

Hayo, siapa yang memiliki kebiasaan tidak mencuci tangan setelah bepergian dan langsung memegang wajah? Kebiasaan ini harus segera ditinggalkan jika ingin menjaga kebersihan kulit wajah. Pasalnya, bakteri-bakteri yang menempel di tangan kamu bisa migrasi ke wajah, lho! Untuk itu, jika ingin mencuci muka biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun agar bakteri dari luar di tangan kamu bisa mati dan tidak menyebabkan masalah pada wajah.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Sumber foto: lada.com.vn

Jika kamu memiliki wajah berminyak, biasanya akan sering mencuci muka karena merasa tidak nyaman. Bukannya mendapatkan muka yang bersih namun justru malah semakin berminyak. Nah, karena itu jangan kaget jika kamu jadi sering jerawatan. Hal ini terjadi sebab minyak alami di kulit menghilang dan akhirnya memicu kelenjar minyak muncul lebih banyak. Kelembaban kulit wajah sangat penting, makanya kamu cukup mencuci muka dua kali sehari saja, ya!

Terlalu Cepat Membilas Wajah

Sumber foto: metrum.co.id

Cara cuci muka berminyak yang harus kamu terapkan adalah tidak terburu-buru atau hindari menggosok terlalu kuat. Pijat lembut seluruh bagian wajah kamu, terutama area T-Zone yang cenderung lebih berminyak. Selain itu, jika kamu menggosok wajah terlalu kuat karena tak hanya iritasi hal ini juga bisa memicu kelenjar minyak lebih aktif. Tidak ingin hal tersebut terjadi, kan? Makanya, usahakan untuk memperhatikan hal yang boleh dan tidak ketika mencuci muka.

Sering Gonta Ganti Produk

Sumber foto: superkos.co

Memilih produk pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit kamu memang gampang-gampang susah. Karena itu, bukanlah hal aneh jika cewek suka gonta-ganti produk untuk menemukan produk yang paling cocok. Tapi, hal ini juga perlu kamu waspadai lho karena terlalu sering mengganti sabun muka bisa mengakibatkan perubahan pada kulit. Usahakan untuk tidak asal pilih produk ya, hindari juga sabun muka dengan kandungan kimia yang keras jika kulit kamu sensitif.

Kelima kesalahan ketika mencuci muka ini harus kamu perhatikan baik-baik. Pasalnya, masih banyak yang mengabaikan kebersihan wajah sehingga banyak muncul jerawat membandel. Nah, semoga sedikit informasi yang infokuy.com bagikan di atas bisa bermanfaat, ya!

Post a comment for "Jangan Anggap Sepele, Begini Cara Cuci Muka Tepat Agar Kulit Tak Iritasi"