Goa Jomblang, Destinasi Wisata Yogyakarta yang Patut Dikunjungi



Sumber foto: superadventure.co.id
Satu lagi tempat wisata di daerah Yogyakarta yang patut didatangi, intip keseruan menyelusuri Goa Jomblang!

Bagi kalangan penjelajah wisata di Indonesia tentu tidak asing lagi dengan Goa Jomblang di Yogyakarta. Bagaimana tidak? Tempat yang kaya dengan potensi wisata alamnya ini sangat populer untuk wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Goa ini cukup menarik karena konturnya yang tidak hanya horizontal, namun juga vertikal dengan kedalaman sekitar 60 meter. Karena itu, untuk menunjang perjalanan hingga ke dalam goa maka kamu akan diberikan sejumlah pengaman, seperti helm dan peralatan single rope technique atau SRT.

Selain itu, kamu juga diwajibkan untuk menggunakan sepatu boots agar lebih aman. Diperlukan keberanian yang cukup besar ketika menuruni goa hingga ke dasar karena memakan waktu kurang lebih 3 menit. Mendengarkan briefing dari pemandu dengan baik juga wajib kamu lakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Menuju Dasar Goa Jomblang


Jika kamu merupakan seorang traveller sejati, maka Goa Jomblang menjadi salah satu pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan Goa Jomblang termasuk tempat wisata yang cukup menantang adrenalin ketika ingin menikmati keindahan di dalamnya. Kamu harus menurui tebing yang curam dengan menggunakan tali atau biasa disebut dengan kegiatan climbing. Meski sedikit menantang adrenalin, tempat wisata ini dijamin keamanannya karena kamu akan selalu didampingi oleh tour guide.

Goa Jomblang berlokasi di Dusun Jetis Wetan, Semanu, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Apabila kamu berangkat dari pusat kota Yogyakarta, mungkin hanya memerlukan satu jam waktu perjalanan. Untuk bisa sampai ke tujuan, akomodasi di Goa Jomblang yang bisa kamu gunakan adalah transportasi umum, yakni ke terminal Giwangan Jogja terlebih dahulu. Setelah itu, carilah bus menuju Kecamatan Semanu Gunung Kidul, lalu turun di Semanu dan naik ojek untuk menuju Goa Jomblang.

Tapi jika kamu menggunakan kendaraan pribadi atau backpacker sendiri, rute yang bisa dilalui dari pusat kota adalah menuju jalan Wonosari dimana hanya berjarak 10 km. Setelah sampai di simpang lima Wonosari, kamu bisa ambil arah ke Kecamatan Semanu dan ke rumah kadus Jetis Wetan sekitar 3 km dari situ sudah terlihat bibir Goa Jomblang.

Sedikit informasi mengenai sejarah Goa Jomblang Gunung Kidul, dulunya kawasan ini merupakan sungai purba yang terbentuk karena runtuhnya tanah lapisan atas beserta vegetasinya. Hal itulah yang mengakibatkan terbentuknya hole atau lubang yang cukup besar. Vegetasi di dalam goa sedikit berbeda dengan vegetasi yang berada di atas permukaan tanah. Di dalam goa, kamu bisa mendengarkan gemercik air dan menemukan gugusan batu yang indah.
Sumber foto: goa-jomblang.com

Keindahan Cahaya Surga dari Goa Jomblang


Sebelum masuk ke dalam goa, pengunjung harus melewati hutan purba yang masih cukup rimba. Jarak yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke dalam goa memang lumayan jauh, yakni jarak dari dinding tebing sampai ke dalam goa sekitar 300 meter dengan berjalan kaki. Nah, sesampainya di mulut goa, barulah perjalanan sebenarnya akan dimulai. Sepanjang rute penelusuran goa, jalan yang harus kamu lewati cukup berlumpur terutama jika berkunjung saat hujan tiba.

Semakin dalam kamu memasuki lorong Goa Jomblang Jogja, maka suasana hening dan gelap akan mulai terasa. Setelah beberapa saat menyusuti lorong gelap, kamu bisa mendengarkan suara gemericik air yang menandakan sudah mendekati Goa Grubug. Dari goa ini kamu bisa menyaksikan masuknya cahaya dari atas sehingga dikenal dengan sebutan cahaya surga dari perut bumi.

Mengingat waktu yang terbatas, momen paling tepat untuk menikmati keindahan di dalam goa adalah sekitar jam 10.00 hingga 12.00 WIB. Jika ingin menikmati indahnya cahaya surga di Goa Jomblang ini kamu bisa mengambil paket wisata yakni sekitar Rp550.000 per orang. Harga ini terbilang cukup murah karena sudah termasuk biaya guide, sewa peralatan caving satu set, makan siang, serta asuransi.

Nah, itu dia salah satu rekomendasi tempat wisata terbaik yang ada di Yogyakarta versi infokuy.com. Tidak perlu jauh-jauh pergi berlibur ke luar negeri, karena di dalam negeri saja kamu sudah bisa mendapatkan pengalaman menakjubkan serta keindahan alam yang memanjakan mata. Jika kamu berkesempatan mengujungi Goa Jomblang, jangan lupa juga untuk mengabadikannya ya!

Post a comment for "Goa Jomblang, Destinasi Wisata Yogyakarta yang Patut Dikunjungi"