Bingung Uang Gajian Selalu Habis? Begini 5 Tips Menabung Anti Gagal

Selalu merasa kurang padahal gaji sudah besar? Bisa jadi karena perilaku kamu yang boros, lho!


Sebagian besar orang, tidak terkecuali kaum millenial pasti pernah mengalami kehabisan uang sebelum gajian. Perilaku konsumtif secara sadar maupun tidak sadar sudah dianggap sebagai gaya hidup yang normal saat ini. Dengan adanya media sosial, pola hidup ala kekinian bisa menjadi salah satu faktor terbesar dalam pengelolaan uang yang tidak seimbang.

Beberapa rutinitas yang bisa mengakibatkan keuangan kamu menjadi berantakan, antara lain kouta internet yang habis sebelum waktunya, nongkrong hanya untuk update di media sosial, pengeluaran tidak terduga untuk make up serta gadget, liburan ala selebgram tapi ujung-ujungnya tidak jelas, hingga asal belanja terutama jika ada diskon. Nah, untuk menghindari perilaku konsumtif ini, kamu perlu menerapkan tips menabung gaji bulanan seperti berikut ini.

1. Pisahkah Tabungan dan Uang Harian


Memisahkan tabungan dengan uang harian merupakan tips menabung cerdas yang bisa kamu lakukan pertama kali. Karena itu, ada baiknya untuk memiliki dua rekening terpisah agar tidak membuatmu bingung. Supaya menabung tak hanya sebatas wacana, kamu bisa menerapkan sistem penyimpanan uang otomatis. Cukup pasang sistem transfer berkala pada rekening penerimaan gaji yang secara otomatis akan mengirimkan uang ke rekening tabungan kamu.

Sumber foto: forbes.com

2. Catat Pemasukan dan Pengeluaran Harian

Banyak yang beranggapan jika mencatat pemasukan dan pengeluaran harian adalah hal yang ribet. Padahal, sekarang ini sudah banyak aplikasi di smartphone yang bisa membantu kamu dalam mengelola uang, seperti Money Manager, Money Lover, serta Monefy. Kamu bisa dengan mudah mencatat dan mengetahui kemana saja uang keluar sehingga pengeluaran bisa dipantau. Selalu ada pembelajaran yang bisa kamu ambil setiap bulan jika tips menabung uang ini diterapkan dengan benar.

3. Kendalikan Keinginan Untuk Jajan


Ketika gaji sudah di tangan, aneka promosi cashback pasti menggoda kamu bukan? Namun, ingat! Nikmatnya hanya sesaat dan justru membuat sebagian uangmu pergi lebih cepat di awal bulan. Nah, untuk itu kontrol dan kendalikan keinginan kamu untuk jajan. Mulai batasi jajan makanan atau minuman per minggu dan supaya hemat bisa membatasi kouta perilaku konsumtif seperti membeli barang-barang yang belum terlalu dibutuhkan.

Sumber foto: volopa.com

4. Ingat Hukum Kebutuhan Lebih Tinggi Daripada Keinginan


Meski terdengar klasik, namun percayalah jika menempatkan kebutuhan di atas keinginan bisa membantu kamu semakin bijak dalam mengeluarkan uang. Kamu bisa mengawali tips menabung yang efektif dengan membuat daftar prioritas mengenai apa saja yang dibutuhkan setiap bulannya. Nah, jika nanti ada sisa uang dari belanja atau membayar semua kebutuhan barulah kamu bisa mengalokasikan uang tersebut untuk membeli beberapa barang dalam wishlist.

5. Cermat Dalam Memilih Diskon dan Promosi


Satu hal yang wajib kamu lakukan ketika baru gajian adalah cermat dalam memilih diskon dan promosi. Rajin mencari diskon dan promosi yang sesuai dengan keuangan tentu bisa membantu kamu dalam menghemat pengeluaran. Saat ini sudah banyak banget lho situs atau akun media sosial yang merangkum beragam promosi menggiurkan. Eits, tapi jangan sampai kamu tergoda dengan penawaran spesial yang kerap kali ditawarkan padahal saat itu tidak terlalu dibutuhkan.

Dalam menerapkan tips menabung cepat, sertakan juga konsistensi dalam melakukannya. Kalau kamu tidak konsisten, dapat dipastikan rasa ingin menyerah muncul di tengah jalan. Jadi, yuk mulai kontrol diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang dengan mengikuti berbagai tips dari infokuy.com di atas!

Post a comment for "Bingung Uang Gajian Selalu Habis? Begini 5 Tips Menabung Anti Gagal"