Ingin Merasakan Solo Travelling? Begini Tips Mudahnya!


Melakukan perjalanan seorang diri memang sangat menyenangkan. Namun, kamu perlu perhatikan beberapa tipsnya, lho!

Travel sendirian atau menjadi solo traveller bagi sebagian mungkin merupakan suatu hal yang menakutkan. Banyak alasan dibalik ketidakinginan melakukan travel seorang diri. Mulai dari takut kesasar, kesepian, dan merasa tidak aman dengan lingkungan asing. Namun, untuk beberapa orang solo traveler menjadi suatu hal yang menyenangkan jika persiapan sudah dilakukan dengan matang.

Selain bebas menentukan tempat tujuan, solo traveller juga bisa belajar untuk lebih mandiri, melatih kemampuan beradaptasi, dan tentunya mendapatkan kenalan baru. Pengalaman tak terlupakan bisa kamu dapatkan dari melakukan solo travelling. Tapi, sebelum memutuskan untuk solo travelling ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips travel sendiri berikut ini:

Buat Rencana Perjalanan yang Matang


Tips travelling secara mandiri bisa dimulai dengan membuat rencana perjalanan yang matang. Dalam perencanaan tersebut, pastikan untuk membuat detail perjalanan mulai awal bangun pagi hingga kembali lagi ke penginapan. Kamu juga perlu membuat rincian kendaraan yang akan dinaiki dan menentukan lokasi destinasi tujuan.

Simpan Uang dan Dompet Secara Terpisah


Ketika melakukan perjalanan seorang diri, hal-hal tidak diinginkan kerap saja terjadi salah satunya adalah kejahatan. Untuk itu, kamu harus waspada dengan segala kemungkinan yang ada. Jangan menaruh seluruh uang dan kartu ATM di dalam satu dompet atau pisahkan antara uang dan dokumen penting seperti passport.


Sumber foto: parfaitlingerie.com


Light Packing


Sebagai solo traveler, barang pribadi yang dibawa mau tidak mau harus dibawa sendiri terutama ketika ingin menuju ke tempat penginapan maupun berpindah kota. Untuk itu, bawalah barang seringan mungkin agar tidak menyusahkan diri sendiri. Usahakan untuk memperkirakan apa saja barang bawaan yang tidak diperlukan.

Kenali Daerah yang Ingin Dikunjungi


Mengenali derah yang ingin dikunjungi merupakan salah satu tips solo travelling mudah. Kamu bisa mencari tahu di internet atau bertanya kepada orang yang pernah mengunjungi daerah tersebut. Mulai dari tradisi daerah, keamanannya, karakteristik warga sekitar, transportasi yang ada, serta objek wisata yang akan dikunjungi.

Catat Nomor Penting


Selain mengenali daerah tempat berlibur, mencatat atau menyimpan nomor-nomor penting sangat diperlukan agar solo travelling menjadi lebih aman. Beberapa nomor yang wajib disimpan, seperti nomor telepon polisi, ambulan, dan keluarga terdekat. Selain itu, ada baiknya juga untuk mencatatnya di buku travelling milikmu.

Sumber foto: worldofwanderlust.com

Update di Sosial Media


Update status di jejaring sosial media tentang semua kegiatan yang dilakukan selama solo traveling juga penting. Hal ini bukan untuk pamer, namun jika terjadi sesuatu atau tiba-tiba kamu tidak bisa dihubungi maka orang terdekat bisa mengetahui kabar terakhir dari status di sosial media.

Dengan beberapa tips travel di atas, tentunya semakin memudahkan kamu bukan? Melakukan perjalanan sendiri memang menyenangkan, namun alangkah baiknya juga disertai dengan persiapan yang matang. Tertarik untuk menantang diri sendiri dengan melakukan solo traveling? Jika ya, jangan lupa terapkan tips-tips di atas, ya!

Post a comment for "Ingin Merasakan Solo Travelling? Begini Tips Mudahnya!"